Rian Darmadi menunjukkan hasil peleburan emas yang didapat dari limbah PCB di Desa Mijen, Kebonagung, Demak, Jateng, Jumat (4/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan) Rian Darmadi menunjukkan hasil peleburan emas yang didapat dari limbah PCB di Desa Mijen, Kebonagung, Demak, Jateng, Jumat (4/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)
Selasa, 8 Agustus 2017 05:50 WIB JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan Feature Share :

FOTO KISAH UNIK
Limbah PCB Hasilkan Emas 99,99%

Kisah unik limbah PCB datang dari Demak.

Rian Darmadi, memilah limbah PCB untuk mendapatkan konektor dengan kandungan emas di Desa Mijen, Kebonagung, Demak, Jateng, Jumat (4/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Rian Darmadi, memilah limbah PCB untuk mendapatkan konektor dengan kandungan emas di Desa Mijen, Kebonagung, Demak, Jateng, Jumat (4/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Kisah unik tentang limbah yang menghasilkan emas tersiar dari Desa Mijen, Kebonagung, Demak, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2017). Rian Darmadi, warga setempat, rajin memilah printed circuit board (PCB) atau papan sirkuit elektronik dari perangkat elektronik bekas untuk mendapatkan konektor dengan kandungan logam mulia emas. Komponen elektronik itu selanjutnya ia lebur dengan teknik khusus sehingga bisa menghasilkan 1 ons hingga 1 kg setiap bulan. Bukan sembarang emas yang ia hasilkan dengan cara itu, karena logam mulia itu berkadar 99,99% sehingga bernilai jual sama dengan emas batangan yang dikeluarkan PT Aneka Tambang (Antam) untuk dijual di pasaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…