Umbul-umbul berwarna merah-putih-biru dipasang menjelang Hari Kemerdekaan di Jl. Tirtoning, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Mohammad Alfalah) Umbul-umbul berwarna merah-putih-biru dipasang menjelang Hari Kemerdekaan di Jl. Tirtoning, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Mohammad Alfalah)
Selasa, 8 Agustus 2017 13:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

HUT RI
Sambut Hari Kemerdekaan, Ada Umbul-Umbul Belanda di Salatiga?

HUT RI dirayakan kebanyakan masyarakat Indonesia dengan memasang bendera merah-putih, namun di Kota Salatiga ada umbul-umbul yang dianggap sebagai bendera belanda.

Solopos.com, SALATIGA – Beberapa umbul-umbul telah terpasang di Jl. Tirtoning, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) demi merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI). Namun ada umbul-umbul yang lantas menyita perhatian warganet karena memiliki warna serupa dengan bendera Belanda.

Umbul-umbul yang dipasang di Jl. Tirtoning dalam menyongsong hari kemerdekaan Indonesia itu menjadi sorotan warganet setelah pengguna akun Facebook Mohammad Alfalah mengunggah foto bendera tersebut ke dinding grup Facebook Kabar Salatiga, Senin (7/8/2017). “Kalau begini gimana ya lur? #BENDERABELANDA #TULISANHUTRI72,” tulisnya pada keterangan foto.

Dari foto yang diunggah itu, memang terdapat dua umbul-umbul yang terpasang di tepi jalan dengan warna merah-putih-biru. Warna itu yang membuat netizen menganggapnya sebagai bendera Belanda.

Waragnet lantas mengungkapkan rasa heran mereka melihat bendera merah-putih-biru dipasang dalam momentum peringatan HUT RI. “Lha kog benderane negri adoh [Kok malah memasang bendera dari negeri yang jauh?],” tulis pengguna akun Facebook An Nas.

Sing njajah malah digawek’e bendera, dunia terbalik jare [Yang menjajah malah dibuatkan bendera, dunia terbalik],” ungkap pengguna akun Facebook Heri Dixie.

Sementara itu, sebagian netizen lainnya memaklumi kehadiran umbul-umbul berwarna merah-putih-biru yang terpasang di Jl. Tirtoning demi menyongsong hari kemerdekaan Indonesia itu. Mereka menganggap umbul-umbul berbeda dengan bendera, maka hal itu tak perlu dipermasalahkan.

Berdasarkan definisi yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), umbul-umbul adalah bendera beraneka warna yang dipasang memanjang ke atas dan meruncing pada ujungnya, dipasang untuk memeriahkan suasana serta menarik perhatian. Sedangkan bendera merupakan sepotong kain atau kertas segi empat atau segitiga yang digunakan sebagai lambang negara, perkumpulan, badan, dan sebagainya atau sebagai tanda. Dengan demikian, umbul-umbul dan bendera adalah dua hal yang berbeda.

Meski demikian, pengguna akun Mac Hardi yang mengaku sebagai warga Tegalrejo menyatakan akan berkoordinasi bersama ketua RT setempat agar umbul-umbul yang dipasang dalam momentum peringatan HUT RI itu segera diganti. “Tegalrejo daerah mana mas kok bendera umbul-umbul Belanda? Tak konfirmasine pak RT ne ben di ganti,” ungkapnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
DAQU TRAVEL HAJI & UMROH SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…