Lionel Messi (JIBI/REUTERS/Juan Medina)
Selasa, 8 Agustus 2017 18:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Spanyol Share :

Badan Statistik di Spanyol Pilih Messi Jadi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga

Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik La Liga Spanyol sepanjang sejarah.

Solopos.com, BARCELONA – Bintang Barcelona, Lionel Messi, terpilih sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah La Liga Spanyol. Penobatan pemain terbaik itu dilakukan oleh badan statistik di Spanyol bernama Statistical Investigations of Spanish Football (CIHEFE).

Dikutip dari Marca, Rabu (8/8/2017), CIHEFE merilis daftar pemain terbaik La Liga sepanjang masa yang berjumlah 300 pemain. Messi berada di posisi paling atas mengungguli legenda Real Madrid, Raul Gonzales. Sementara rival Messi saat ini Cristiano Ronaldo menduduki posisi ke-17.

CIHEFE menyusun daftar pemain terbaik itu berdasarkan sejumlah kriteria. Beberapa di antaranya adalah jumlah menit bermain setiap musim, gol yang dibuat dari open play, tendangan penalti, gol bunuh diri, dan kartu merah yang diterima.

“Evaluasi yang dilakukan terhadap seluruh pemain menggunakan sistem penilaian yang sederhana dan seragam. Itu membuat evaluasi pemain dilakukan dengan analisa yang sama pada setiap musim,” ungkap salah satu peneliti CIHEFE, Jose Antonio Ortega.

Messi berada di posisi teratas dalam daftar tersebut setelah mengumpulkan total poin 545. Dia unggul atas Raul dengan 528 poin. Di posisi selanjutnya ada Cesar Rodriguez (524 poin), Telmo Zarra (493) dan Enrique Castro (488).

Menggenapi posisi 10 besar adalah Juan Arza (481), Alfredo Di Stefano (481), Paco Gento (467), Carlos Alonso ‘Santillana’ (464) dan Guillermo Gorostiza (454). Sedangkan Ronaldo yang berada di posisi 17 punya 415 poin.

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…