Ilustrasi perguruan tinggi (JIBI/Dok) Ilustrasi perguruan tinggi (JIBI/Dok)
Selasa, 8 Agustus 2017 02:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Pendidikan Share :

Akademisi dan Praktisi Infrastruktur Sipil Dunia akan Berkumpul di ITS Surabaya

Akademisi dan praktisi infrastruktur sipil dunia akan berkumpul di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Solopos.com, SURABAYA—Penyelenggara kegiatan itu adalah Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Fakultas Vokasi ITS. Dilansir Antara, Minggu (6/8/2017), konferensi yang baru pertama kali digelar ini menggabungkan dua acara sekaligus yakni acara Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah dan International Conference Of Applied Science And Technology for Infrastructure Engineering (ICASIE).

Kepala Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS) ITS, Machsus, menjelaskas salah satu tujuan konferensi bertema Material for Infrastructure Engineering ini adalah membangun dan mempererat jejaring di antara akademisi dan praktisi pada bidang rekayasa sipil nasional dan internasional.

Kegiatan ICASIE cukup spesial bagi departemennya karena merupakan konferensi internasional perdana pascarestrukturisasi Program Studi Diploma ITS disatukan dalam satu fakultas. “Ini berarti jika program vokasi diberi ruang dan kesempatan dipastikan akan mengalami kemajuan yang akseleratif,” kata Wakil Sekjen Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS tersebut.

Dia menambahkan penyelenggaraan ICASIE mengacu kepada banyaknya problem terkait rekayasa infrastruktur sipil di Indonesia. Konferensi internasional diharapkan mampu memberi solusi terhadap problem infrastruktur di Indonesia. “Kami berharap melalui acara ini banyak muncul gagasan dan inovasi baru sehingga keberlanjutan ICASIE perlu dijaga,” ujar Machsus.

Wakil Rektor IV ITS, Ketut Buda Artana, menyambut baik agenda konferensi internasional vokasi ITS. Agenda tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen ITS dalam memberikan kontribusi nasional maupun internasional terhadap penyelesaian masalah infrastruktur sipil.

“Ini penting untuk mencapai tahapan pengembangan ITS PTNBH [perguruan tinggi negeri badan hukum] di mana sejak 2016 ditargetkan sebagai universitas riset. Pada 2025 ditargetkan menjadi universitas riset dan inovasi dan pada 2035 ditargetkan sebagai universitas kewiraswastaan,” kata Artana.

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…