Pengunjung bermain air di waterboom Taman Wisata Umbul Madiun, Jumat (4/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Pengunjung bermain air di waterboom Taman Wisata Umbul Madiun, Jumat (4/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Senin, 7 Agustus 2017 13:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

WISATA MADIUN
Rumah Hantu dan Arena Gokar akan Dibangun di Madiun Umbul Square

Wisata Madiun, Taman Wisata Umbul Madiun akan diperluas 2018.

Solopos.com, MADIUN — Taman wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square akan mulai dikembangkan pada tahun 2018. Berbagai wahana wisata akan dibangun dan lahan wisata akan diperluas.

Kepala Divisi Umum dan Pemasaran Madiun Umbul Square, Agus Mahendra, mengatakan lahan Madiun Umbul Square seluas 5 hektare. Namun, saat ini lahan yang dimanfaatkan baru 2 hektare.

Ada berbagai wahana yang akan dibangun pada pengembangan tempat wisata andalan Kabupaten Madiun ini. Beberapa wahana yang akan dibangun yaitu rumah hantu, rumah kaca, arena gokar, lorong sejarah, dan miniatur candi. Selain itu, nantinya gerbang masuk akan lebih didekatkan di jalan raya sehingga lokasi tempat wisata itu akan terlihat.

“Kalau selama ini kan gerbangnya masuk ke dalam, tetapi nanti akan dibangun dekat di jalan raya. Supaya lebih kelihatan gerbangnya,” jelas dia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/8/2017).

Untuk lorong sejarah, kata dia, konsepnya yaitu berisi perjalanan sejarah Madiun seperti saat Madiun di bawah Mataram. Ini sebagai pembelajaran sejarah bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata itu. Seluruh pengunjung akan masuk ke lorong sejarah itu sebelum ke tempat wisata.

Saat ini wahana yang ada di Taman Wisata Umbul ini ada beberapa yaitu waterboom, komedi putar, taman lampion, kora-kora, dan lainnya. “Luas lahan waterboom itu seluas 1.600 meter persegi. Itu kalau pada momen-momen tertentu sangat penuh,” ujar dia.

Agus menyampaikan lahan parkir juga akan dibangun di lokasi wisata karena selama ini lahan parkir sangat minim di Taman Wisata Umbul. Direncanakan luas lahan parkir yang akan dibangun yaitu sekitar 3/4 hektare.

“Selama ini lahan parkir kan sangat terbatas. Kalau pas waktu ramai, itu menggunakan jalan raya untuk parkir,” terang dia.

Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengembangan lokasi wisata itu senilai Rp16 miliar. Pihaknya baru mengajukan ke Pemkab Madiun untuk pembangunan lokasi wisata itu.

Pembangunan dan pengembangan wisata di Umbul Madiun Square itu direncanakan mulai dikerjakan 2018 dan selesai 2020. “Saat ini DED sudah selesai. Tinggal menunggu anggaran turun, rencananya 2018 sudah bisa mulai dikerjakan,” terang Agus.

Lowongan Pekerjaan
CV. TUNAS MERAPI SEJAHTERA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Anomali Ekonomi Indonesia

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (3/8/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Menarik mencermati kondisi perekonomian Indonesia selama tujuh bulan pada 2017 ini. Secara umum…