Foto ilustrasi: Kehadiran jerawat bisa dicegah dengan menghindari makanan pemicu jerawat. (acnetreatment.us) Ilustrasi jerawat (acnetreatment.us)
Senin, 7 Agustus 2017 01:00 WIB Women Share :

TIPS KECANTIKAN
Makanan Ini Bisa Picu Jerawat

Tips kecantikan kali ini membahas makanan pemicu jerawat

Solopos.com, SOLO — Kehadiran jerawat di muka bisa mengganggu penampilan. Untuk menghindari munculnya jerawat, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengenali makanan pemicu jerawat. Apa sajakah itu?

Peneliti di Amerika Serikat menemukan fakta makanan yang mengandung vitamin B12 termasuk ikan, telur, atau susu bisa memicu jerawat. Peneliti percaya, senyawa dari vitamin ini dapat memicu bakteri mengeluarkan senyawa peradangan hingga akhirnya muncul jerawat.

Tim yang dipimpin Huiyang Li dari University of California, Los Angeles itu, melaporkan temuan mereka dalam Jurnal Science Translational Medicine. Mereka menulis, interaksi bakteri patogenesis adalah kuncinya. Dan suplementasi vitamin B12 dapat menyebabkan perkembangan jerawat.

Untuk menyelidikinya, ilmuwan melakukan sampel pada 10 sukarelawan yang diberikan suplemen vitamin B12 dalam sepekan. Peneliti kemudian mengumpulkan sampel bakteri dari hidung menggunakan setrip pengangkat pori (deep cleansing pore strip).

“Konsumsi berlebihan B12 memiliki efek meningkatkan kadar senyawa inflamasi, porfirin yang dikenal dapat merespons inflamasi kulit dan berbuntut jerawat,” ujar peneliti, seperti dikutip Daily Mail, belum lama ini.

Kendati demikian, para peneliti mengatakan, penyebab jerawat bisa karena banyak faktor seperti hormon sehingga mereka tidak membatasi konsumsi vitamin B12.

“Vitamin B12 penting untuk fungsi otak dan sistem saraf, serta pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 bahkan dapat menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi,” katanya.

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Ini Kiat Sukseskan Program Lele Bioflok

Saat ini pihaknya mampu memproduksi pakan mandiri rata-rata sebanyak 200 kg per hari atau 4.000 kg per bulan Solopos.com, SLEMAN-Untuk mensukseskan program pengembangan bioflok nasional, kolaborasi pakan mandiri dengan usaha lele bioflok akan terus dilakukan. Direktur Jenderal Perikanan Budiadaya Slamet…