Jogja
Senin, 7 Agustus 2017 - 12:20 WIB

TIPS BISNIS : Pengusaha Online Perlu Konsisten Atur Waktu

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi belanja online (Dok. Solopos.com)

Tips bisnis untuk pengusaha online

Harianjogja.com, JOGJA — Bisnis di Jogja semakin menjamur seiring kemajuan teknologi. Pelaku usaha memanfaatkan teknologi yang ada untuk berjualan secara online. Namun, pelaku usaha juga perlu konsisten mengatur waktu dalam berbisnis agar tidak mengecewakan konsumen.

Advertisement

Managing Director Rumah Kreatif BUMN atau yang juga disebut Rumah Kreatif BRI Jogja Hanitianto Joedo mengatakan, pelaku bisnis online sedianya tidak hanya asal memasarkan produknya. Ia harus jeli mengatur waktu, termasuk menentukan saat tepat untuk mengupload foto produk.

“Kalau sudah menggeluti [bisnis online], jam delapan pagi harus buka email dan online karena semua transaksi lewat situ,” katanya, Sabtu (5/8/2017).

Mulai pukul 8.00 WIB-12.00 WIB menurutnya adalah kesempatan bagi pelaku bisnis untuk mengunggah foto produk. Kemudian mulai pukul 12.00 WIB-15.00 WIB dapat dilakukan pengecekan barang apa saja yang dipesan konsumen. Pembayaran juga sudah bisa dilakukan sebelum pemilik usaha mengirimkan barangnya. Setelah semua transaksi selesai, pelaku bisnis bisa mulai mengemas barang dan mengirimnya.

Advertisement

“Jam tiga sampai jam lima (15.00 WIB-17.00 WIB harus sudah dikirim bukti pengiriman barangnya [pada konsumen],” lanjut Joedo.

Menurutnya pola pengaturan waktu tersebut harus tetap diterapkan sekalipun pemilik usaha tidak berjualan dalam sebuah gerai bisnis (offline). Komitmen memanage waktu dan menjaga ketepatan upload gambar produk sampai pengiriman barang harus diutamakan dalam rangka memunculkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen.

Ia juga mengatakan, pelaku usaha juga bisa sesekali menggelar pemeran in house untuk memberikan kesempatan pada konsumen yang ingin melihat langsung produknya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bisnis Online Tips Bisnis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif