Komandan SAR Parangtritis Ali Sutanto saat menunjukkan ubur-ubur yang menyerang pengunjung Pantai Parangtritis, Senin (20/7/2015) siang. (Harian Jogja/Arief Junianto) Komandan SAR Parangtritis Ali Sutanto saat menunjukkan ubur-ubur yang menyerang pengunjung Pantai Parangtritis, Senin (20/7/2015) siang. (Harian Jogja/Arief Junianto)
Senin, 7 Agustus 2017 08:22 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Serangan Inpes Diprediksi hingga Awal Musim Hujan

Serangan inpes mulai menyasar pantai selatan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul mulai mewaspadai serangan inpes di kawasan Pantai Selatan. Pasalnya hingga sekarang sudah ada beberapa wisatawan yang terserang hewan sejenis ubur-ubur ini.

Baca Juga : SAR Siapkan Alkohol untuk Antisipasi Serangan Inpes

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menjelaskan inpes muncul di kawasan pantai tidak lepas dari kondisi suhu air laut. Diprediksi bahaya inpes masih akan mengancam hingga awal musim hujan.

“Kalau suhu air laut dingin maka inpes akan muncul di kawasan pantai. ancaman itu perlahan-lahan akan hilang seiring turunya hujan,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Suridiyanto. Menurut dia, meski jumlah korban yang tersengat belum banyak, namun potensi itu tetap harus diwaspadai.

“Kalau jumlah serangan di setiap tahunnya bisa berubah-ubah tergantung dengan kondisi di laut. Sebagai gambaran di 2015 lalu ada 577 korban yang tersengat, namun di tahun lalu turun karena korbannya hanya puluhan orang saja,” papar dia.

Menurut Suris, kewaspadaan terhadap serangan inpes tidak hanya untuk anggota SAR. Namun, pengunjung juga harus mewaspadai serangan tersebut sehingga korban yang tidak terus bertambah. “Kalau melihat jangan sampai disentuh,” katanya.

STAFF MARKETING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Anomali Ekonomi Indonesia

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Kamis (3/8/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Menarik mencermati kondisi perekonomian Indonesia selama tujuh bulan pada 2017 ini. Secara umum…