Tata cara salat gerhana bulan (Kemenag Binmas Islam) Tata cara salat gerhana bulan (Kemenag Binmas Islam)
Senin, 7 Agustus 2017 20:45 WIB Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com Sains Share :

Malam Ini Gerhana Bulan, Umat Muslim Disunahkan Salat Khusuf

Umat muslim disunahkan salat gerhana bulan malam ini.

Solopos.com, SOLO – Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melansir hasil obvervasinya gerhana bulan sebagian (GBS) akan terjadi pada Senin (7/8/2017) atau bertepatan dengan 15 Dzulqa’dah 1438 H. Fenomena alam ini diperkirakan berlangsung hingga Selasa (8/8/2017) dini hari.

Lembaga Falakiyah PBNU sebagaimana dilansir situs Nu.or.id, mengklasifikasi berlangsungnya gerhana bulan sebagian ini dalam lima fase. Pertama, tahap awal penumbra yang akan berlangsung pada pukul 22.50:01 WIB; kedua, tahap awal GBS yang dimulai pada pukul 00:22:55 WIB (8 Agustus 2017); ketiga, pertengahan GBS (pukul 01:20:37 WIB); keempat tahap akhir GBS (pukul 02:18:19 WIB); kelima, akhir penumbra (pukul 03:51:13 WIB).

Secara astronomis, GBS akan terlihat di Indonesia. Umat Islam yang melihat gerhana tersebut dalam rentang fase kedua sampai fase keempat disunahkan melaksanakan salat gerhana bulan (khusuful qamar). Tata cara shalat gerhana bulan sama dengan tata cara salat gerhana matahari.

Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghazalie Masroeri mengatakan, fenomena gerhana baik matahari maupun bulan adalah fenomena alam sebagai bukti kekuasaan Allah. Karena itu, mengamati peristiwa gerhana dapat meningkatkan keimanan.

“Lembaga Falakiyah NU mengajak kepada umat untuk melakukan pengamatan peristiwa GBS. Kemudian menyikapinya dengan zikir, ibadah, dan amal saleh,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (25/7/2017).

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…