Logo KPK (JIBI/Solopos/Antara) Logo KPK (JIBI/Solopos/Antara)
Senin, 7 Agustus 2017 14:15 WIB JIBI/Solopos/Antara Peristiwa Share :

KPK Ajak Masyarakat Bikin Lagu untuk Melawan Korupsi

KPK mengadakan lomba membuat lagu bertema antikorupsi.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilakan masyarakat mengikuti Festival Lagu Suara Anti-Korupsi (SAKSI) 2017. Lomba membuat lagu itu digelar sebagai bentuk kampanye antikorupsi dan perlawanan terhadap rasuah.

Lagu-lagu yang masuk ke KPJ kemudian akan dipilih yang terbaik dan dibuatkan album. “Festival ini bisa jadi medium masyarakat menyuarakan perlawanan terhadap korupsi,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Saut mengaku akan menjadi salah satu tim juri seperti tahun lalu. Dia akan berkolaborasi dengan musisi sekaligus pencipta lagu Sandy Canester. Menurut Saut, tim juri mulai menerima karya dari masyarakat sejak Juni hingga 31 Agustus mendatang.

Selanjutnya, seluruh karya yang masuk akan dipilih menjadi 10 besar tiap regional dan akan tampil di hadapan dewan juri pada 11-20 September 2017. Lima regional tersebut adalah Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Pada tahap tersebut, juri akan memilih tiga karya terbaik.

Malam final Festival Lagu SAKSI 2017 akan digelar 3 November 2017 dengan menyelenggarakan konser suara antikorupsi yang akan menghadirkan musisi Tanah Air antara lain Base Jam, Sandy Canester, dan Orkes Moral Pengantar Minum Racun.

Dalam konser nanti, KPK akan meluncurkan album kompilasi Suara Antikorupsi Volume 2 yang berisikan 15 karya terbaik dari festival lagu Suara Antikorupsi 2017 tersebut.

Ini adalah kali kedua KPK menggelar Festival Lagu SAKSI. Tahun lalu, KPK menjaring 200 lebih karya dari masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan aliran musik yang beragam.

Sejumlah 200 karya tersebut kemudian dikelompokkan sesuai dengan daerah asalnya, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sembilan karya terbaik tahun lalu telah dijadikan album kompilasi untuk materi kampanye dan sosialisasi antikorupsi KPK.

Lagu-lagu yang ikut serta di Festival Lagu SAKSI 2016 bisa didengarkan melalui radio KanalKPK di kanal.kpk.go.id.

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…