Lalu lintas kendaraan di kawasan Kota Lama Semarang, Jateng, Selasa (18/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo) Lalu lintas kendaraan di kawasan Kota Lama Semarang, Jateng, Selasa (18/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)
Senin, 7 Agustus 2017 09:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Kota Lama Semarang Segera Punya Lahan Parkir

Kota Lama Semarang segera dilengkapi Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang dengan kantong parkir.

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang menyiapkan kantong-kantong parkir di kawasan Kota Lama untuk menunjang penataan kawasan yang padat bangunan cagar budaya dari masa kolonial Belanda di Indonesia tersebut.

“Ya, sambil pararel. Sudah ada rencana kantong parkir, sedang dibangun,” kata Ketua BPK2L Semarang Heverita Gunaryanti Rahayu saat meninjau Semarang Creative Galllery di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (4/8/2017). Semarang Creative Gallery atau disebut juga Galeri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang baru diresmikan Selasa (1/8/2017) lalu menjual berbagai produk unggulan UMKM untuk kelas premium.

Ita—sapaan akrab Hevearita—yang juga wakil wali Kota Semarang itu mencontohkan di belakang Gedung Van Dorp yang sudah disiapkan lahan seluas 2.000 m2 untuk kantong parkir. Kemudian, kata dia, di depan Kantor Satlantas Semarang yang baru saja dikomunikasikan dengan pemiliknya mengenai rencana pembangunan kantong parkir di lahan miliknya tersebut.

“Di depan kantor Satlantas Semarang. Ini tadi baru ketemu dengan pemiliknya dan beliau bersedia membuat untuk kantong parkir. Ya, kami senang sekali,” kata Ita.

Dengan tersedianya kantong-kantong parkir yang memadai, lanjut dia, akan membuat penataan kawasan Kota Lama Semarang semakin mudah, sebab parkir-parkir kendaraannya akan lebih rapi dan tertata. “Sekitar 2-3 bulan lagi, kantong-kantong parkir sudah ada. Dengan adanya kantong parkir kan akan membuat kawasan ini lebih rapi dan tertata,” katanya.

Selain itu, Ita mengungkapkan pembuatan kawasan pedestrian juga terus dilakukan, termasuk menggencarkan penghijauan dengan penanaman pohon-pohon berukuran besar agar cepat rindang. Seperti kawasan pedestrian di depan Semarang Creative Gallery dengan berbagai ornamen jalan yang khas, antara lain lampu taman, bangku, dan bola-bola berhiaskan lukisan ikon-ikon Kota Semarang.

Hampir setiap sore hari, kawasan pedestrian di Kota Lama Semarang yang padat bangunan cagar budaya itu ramai pengunjung, baik yang sekadar bersantai melepas penat hingga mereka yang asyik mencari sudut menarik untuk berswafoto atau selfie.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…