pengukuhan maba. Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama (kanan), memberikan jas almameter kampus Undip kepada salah seorang mahasiswa baru pada upacara pengukuhan maba di Stadion Diponegoro, Tembalang, Senin (7/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
Senin, 7 Agustus 2017 22:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KAMPUS DI SEMARANG
Tahun Ini Undip Terima 11.630 Mahasiswa Baru

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), baru saja mengukuhkan 11.630 mahasiswa baru.

Solopos.com, SEMARANG — Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada tahun akademik 2017/2018 menampung 11.630 mahasiswa baru  (maba). Dari jumlah itu, tiga orang di antaranya berkebutuhan khusus atau difabel, sementara delapan orang lainnya berasal dari luar negeri.

Upacara pengukuhan Maba Undip digelar di Stadion Diponegoro, kampus Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (7/8/2017). Upacara itu dipimpin langsung oleh Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama.

“Saya berharap kalian belajar sungguh-sungguh di sini. Empat tahun harus bisa lulus. Bisa?” tanya Yos yang langsung dijawab teriakan, ”bisa,” oleh para maba.

Dari 11.630 maba Undip Semarang yang dikukuhkan dalam upacara itu, 7.990 orang di antaranya merupakan mahasiswa yang mengambil program Strata 1 (S1), 2.229 orang program Diploma 3 (D3), 1.093 orang dari program Magister (S2), 176 orang progam Doktor (S3), dan 25 orang di antaranya mengikuti program Profesi.

Yos mengatakan dengan masuknya 11.630 maba itu, berarti Undip saat ini memiliki total mahasiswa mencapai 48.018 orang. Semuanya masuk ke kampus di Semarang itu melalui penjaringan dan memenuhi kriteria.

“Saat ini Undip juga menerima tiga mahasiswa difabel sebagai mahasiswa baru. Mereka mampu memenuhi kriteria dan lolos penjaringan masuk di Fakultas Ekonomika Bisnis dan Teknik,” terang Yos.

Ke-11.630 maba yang dikukuhkan itu telah lolos melalui berbagai jalur seleksi baik jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PerguruanTinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mandiri, rogram Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB), Kemitraan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi, dan juga  International Undergraduate Program (IUP). Para mahasiswa baru itu selanjutnya akan mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampus Undip Semarang, mulai Selasa-Sabtu (8-12/8/2017).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…