Bayern Munchen juara Piala Super Jerman. (JIBI/REUTERS/Wolfgang Rattay)
Senin, 7 Agustus 2017 08:30 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Jerman Share :

Juara Piala Super Jerman, Bayern Tepis Krisis

Bayern Munchen meraih gelar Piala Super Jerman 2017.

Solopos.com, DORTMUND — Bayern Munchen mendapatkan suntikan kepercayaan diri tinggi sebelum memulai kampanye mereka mempertahankan gelar Bundesliga Jerman.

Die Roten, julukan Bayern, meraih gelar Piala Super Jerman dengan menundukkan musuh bebuyutan mereka, Borussia Dortmund, lewat drama adu penalti 2-2 (5-4) di Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (6/8/2017) dini hari WIB. Tim polesan Carlo Ancelotti tersebut sukses menepis krisis yang sempat membelenggu mereka selama pramusim. Bayern menelan lima kekalahan dalam enam laga selama pramusim, plus kebobolan 14 gol!

“Tentu gelar ini sangat penting. Saya sangat puas. Kami bermain dengan konsentrasi tinggi. Pramusim kami tidak bagus, namun Anda tidak perlu khawatir. Ketika musim dimulai, kami akan berada di sana,” jelas Ancelotti, seperti dilansir ESPN.

Sejak awal, Bayern diprediksi akan sulit menundukkan Dortmund yang bermain di kandang sendiri. Apalagi, Die Roten tidak diperkuat sejumlah pilar karena cedera, seperti kiper Manuel Neuer dan winger Arjen Robben.

Bayern kecolongan gol pemain Dortmund, Christian Pulisic ketika pertandingan baru berjalan 12 menit. Namun sekitar enam menit kemudian,  tim asal Bavaria itu sempat menyamakan kedudukan melalui gol Robert Lewandowski.

Di babak kedua, Dortmund kembali unggul melalui bomber maut mereka, Pierre-Emerick Aubameyang, lewat gol brilian setelah memanfaatkan umpan Ousmane Dembele di menit ke-71. Tapi Bayern lagi-lagi menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dengan gol bunuh diri kiper Dortmund, Roman Burki, sekitar dua menit sebelum waktu normal habis.

Kiper Bayern, Sven Ulreich, menjadi pahlawan timnya dalam adu tos-tosan.  Deputi Neuer tersebut sukses menepis dua algojo penalti Dortmund, Sebastian Rode dan Marc Bartra, yang menjadi kunci  kemenangan 5-4 pada adu penalti ini.

“Tim menunjukkan karakter mereka dan bisa bangkit dua kali. Kami banyak berdiskusi dengan pelatih dan pemain dalam beberapa hari terakhir. Kami adalah Bayern Munchen dan tidak menerima banyak kekalahan. Hari ini kami bermain seperti Bayern Munchen sesungguhnya lagi,” jelas Direktur Olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic.

Ini merupakan gelar keenam Bayern di DFL Supercup Jerman. Mereka mengalahkan Dortmund yang mengoleksi lima trofi di pertandingan yang mempertemukan juara bertahan Bundesliga dan DFB Pokal ini.

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…