Ilustrasi spa di rumah (Boldsky) Ilustrasi spa di rumah (Boldsky)
Senin, 7 Agustus 2017 23:45 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Women Share :

INFO HIDUP SEHAT
5 Langkah Mudah Spa di Rumah

Info hidup sehat kali ini tentang lima langkah mudah spa di rumah.

Solopos.com, SOLO – Pijat merupakan salah satu cara ampuh mengusir pegal di tubuh. Hal ini membuat banyak orang melakukan spa di salon hingga klinik kecantikan untuk merelaksasi tubuh. Sayangnya, biaya yang mahal dan waktu pengerjaan yang lama membuat spa hanya dilakukan segelintir orang.

Bagi yang ingin merasakan kenikmatan spa namun tidak punya biaya jangan khawatir. Anda bisa melakukan perawatan ini di rumah. Pemijatan yang dilakukan di rumah tentu akan terasa lebih nyaman. Anda tak perlu repot keluar rumah untuk membuat badan yang pegal terasa segar kembali.

Tak perlu mengandalkan orang lain, Anda bisa melakukan pemijatan sendiri. Anda hanya perlu mengetahui bagian tubuh mana dan bagaimana cara memijat yang tepat. Mau tahu caranya? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Senin (7/8/2017) berikut:

Pertama, siapkan minyak aroma terapi atau body lotion. Dua benda ini sangat penting untuk membantu proses pemijatan. Selain membuat badan wangi, benda ini juga memudahkan proses pemijatan yang dilakukan. Agar terasa lebih nyaman, panaskan minyak di atas api sampai terasa hangat dan nyaman di kulit. Minyak hangat ini akan membantu melancarkan peredaran darah.

Pakailah pakaian seminim mungkin untuk mempermudah proses pemijatan. Setelah itu, mulailah memijat dari bagian kaki. Oleskan minyak dari ujung jari sambil dipijat perlahan. Lanjutkan dengan memijat telapak kaki sampai ke batas lutut. Lakukan pemijatan selama lima menit untuk masing-masing kaki.

Kedua, pijat bagian lutut secara perlahan sampai paha. Saat memijat lutut, pakai kedua tangan dan lakukan dengan gerakan melingkar. Ingat, kulit di sekitar lutut sangat lembut dan tidak boleh dipijat dengan kasar. Lanjutkan memijat bagian paha bawah dengan gerakan meluncur. Lakukan proses yang sama di paha atas.

Ketiga, pijat bagian perut dengan lembut. Perut merupakan daerah sensitif yang harus diperlakukan dengan hati-hati. Oleskan minyak dalam jumlah yang lebih banyak untuk menghindari cedera otot. Lakukan pijatan lembut sampai ke dada selama 10 menit.

Selanjutnya, lakukan pijatan di bahu. Bagi Anda yang baru kali pertama melakukan pemijatan mungkin akan merasa kesulitan. Caranya, remas bahu kanan dan kiri secara bergantian dengan lembut. Hindari menekan atau meluncurkan jari dari atas ke bawah. Cara ini malah akan membuat bahu terasa sakit. Lanjutkan dengan memijat kedua tangan secara bergantian mulai dari telapak dan jari.

Terakhir, pijatlah bagian punggung. Jika merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan orang lain. Caranya, oleskan minyak secara merata, lalu tekan ibu jari tangan pada punggung dari bawah ke atas. Lakukan pemijatan selama 10 menit ke seluruh bagian punggung.

Agar semakin segar, bilas tubuh dengan air hangat. Selain membuka pori-pori, air hangat juga akan membuat tubuh lebih rileks. Perawatan spa di umah ini sebaiknya dilakukan pada akhir pekan. Anda bisa memutar musik berirama lembut untuk menciptakan ketenangan. Sebab, inti dari spa adalah membuat tubuh rileks. Selamat mencoba.

 

Lowongan Pekerjaan
PT. Hutama Karya (Persero), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
”Despacito” dan Nasib Lagu Sejenis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (3/8/2017). Esai ini karya Damar Sri Prakoso, Program Director Radio Solopos FM. Alamat e-mail penulis adalah damar.prakoso@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah melarang pemutaran lagu Despacito di lembaga penyiaran publik…