Wu Jianhao alias Vanness Wu. (Asiangrup.com) Wu Jianhao alias Vanness Wu. (Asiangrup.com)
Senin, 7 Agustus 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 7 Agustus

Catatan tentang peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah pada 7 Agustus dari tahun ke tahun terangkum dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada hari ke-219—hari ke-220 dalam tahun kabisat—sesuai dengan sistem Kalender Gregorian, 7 Agustus. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 7 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1714
Pertempuran Gangut antara pasukan Swedia dan pasukan Rusia meletus di Semenanjung Hankko, sebelah utara Finlandia. Pertempuran antar-angkatan laut itu berhasil dimenangi pasukan Rusia.

1933
Tentara Kerajaan Irak memulai pembantaian terhadap orang Assyria di Simile, sebelah utara Kerajaan Irak. Pembantaian itu berlangsung hingga 11 Agustus di tahun yang sama dan mengakibatkan tewasnya 5.000 hingga 6.000 orang Assyria. Pembantaian tersebut lantas dikenang dengan sebutan Pembantaian Simile.

Pasukan Sekutu dalam Pertempuran Guadalkanal di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon, 1943. (Wikimedia.org)

Pasukan Sekutu dalam Pertempuran Guadalkanal di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon, 1943. (Wikimedia.org)

1942
Pertempuran Guadalkanal meletus setelah pasukan Sekutu tiba di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon yang diduduki pasukan Jepang. Pertempuran tersebut berlangsung hingga 9 Februari 1943 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Sekutu.

1945
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk menggantikan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibubarkan Jepang. PPKI dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. (Andyonline.net)

Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. (Andyonline.net)

1949
Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo memproklamasikan Negara Islam Indonesia (NII) atau yang juga dikenal sebagai Darul Islam (DI) di Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Proklamasi itu sekaligus mengawali pemberontakan tentara NII/DI terhadap pemerintah Indonesia. NII/DI lantas dibubarkan pada 2 September 1962.

1960
Pantai Gading meraih kemerdekaan penuh dari Prancis. Sebelumnya, Pantai Gading menjadi wilayah kekuasaan Prancis sejak 1843.

1965
Singapura dikeluarkan dari Federasi Malaysia dua tahun setelah konflik ideologi yang makin memanas antara People Action Party (PAP) atau Partai Aksi Rakyat yang berkuasa di Singapura dan pemerintah federal di Kuala Lumpur. Singapura secara resmi mendapatkan kedaulatan dua hari kemudian.

1972
Pemimpin Uganda, Idi Amin, mengusir sekitar 60.000 orang keturunan Asia yang tinggal di Uganda. Pengusiran itu dipicu kebencian orang kulit hitam terhadap orang keturunan Asia yang sukses berbisnis di Uganda. Idi Amin memberi tenggat waktu hingga 90 hari kepada orang keturunan Asia untuk meninggalkan Uganda sejak perintahnya dikeluarkan.

1978
Wu Jianhao lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai aktor dan penyanyi yang tergabung dalam grup F4 dengan nama panggung Vanness Wu. Ia mengawali kariernya di dunia hiburan saat berperan sebagai Mei Zuo dalam serial drama Taiwan, Meteor Garden, 2001.

1990
Presiden Amerika Serikat (AS) George Herbert Walker Bush memerintahkan pasukannya melaksanakan Operasi Badai Gurun di Kuwait. Dalam operasi itu, pasukan AS diperintah untuk melawan pasukan Irak yang menginvasi Kuwait. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Dunia Hari Ini, 6 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Dunia Hari Ini, 5 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Dunia Hari Ini, 4 Agustus

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…