Mobil Mitsubishi Pajero Sport warna merah milik istri PB XIII yang dicuri di Kompleks Keraton Solo, Senin (3/7/2017) dini hari. (Istimewa) Mobil Mitsubishi Pajero Sport warna merah milik istri PB XIII yang dicuri di Kompleks Keraton Solo, Senin (3/7/2017) dini hari. (Istimewa)
Minggu, 6 Agustus 2017 16:35 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PENCURIAN SOLO
Hilang Dicuri, Mobil Istri PB XIII Ketemu di Pasar Gede

Pencurian Solo, mobil Pajero Sport milik istri PB XIII yang hilang dicuri ketemu di Pasar Gede.

Solopos.com, SOLO — Satreskrim Polresta Solo menemukan mobil Mitshubisi Pajero Sport warna merah milik istri Raja Keraton Solo Paku Buwono (PB) XIII yang dilaporkan hilang lebih dari sebulan lalu.

Mobil tersebut ditemukan terparkir di kantong parkir Pasar Gede Solo, Senin (31/7/2017). “Awalnya kami mendapatkan laporan dari petugas parkir Pasar Gede yang curiga dengan keberadaan sebuah mobil Pajero Sport yang terparkir semalaman tidak diambil pemiliknya,” kata Kaporesta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo, Minggu (6/8/2017). (Baca juga: Pencuri Beaksi  di Keraton Solo, Mobil Istri PB XIII Hilang)

Kapolres menceritakan setelah menerima laporan dari petugas patkir tersebut, tim Indentifikasi Satreskrim Polresta Solo langsung menuju ke Pasar Gede. Tim kemudian melakukan identifikasi awal dengan mengumpulkan sisa sidik jari pada mobil, memeriksa rekaman kamera closed circuit television (CCTV) hingga meminta keterangan dari petugas parkir.

Ribut menuturkan petugas mendapat informasi orang terakhir yang keluar dari mobil Pajero Sport adalah laki-laki. “Namun, mengenai ciri-ciri fisik orang tersebut, saksi tidak bisa menjelaskan secara detail. Saksi tidak terlalu ingat dengan ciri-ciri pelaku yang meninggalkan mobil pada sekitar pukul 02.00 WIB,” jelas Ribut.

Saat diselidiki di lokasi, polisi menemukan bekas baret pada bodi mobil dekat ban depan sisi kiri. Kondisi itu menyerupai ciri khusus kendaraan roda empat milik istri PB XIII yang dilaporkan hilang sejak awal Juli.

Hanya pelat nomor mobilnya berbeda. Saat ditemukan, pelat nomor mobil bukan AD 7229 AH, melainkan AD 88 AR. Guna penyelidikan lebih lanjut, polisi membawa mobil Pajero Sport warna merah itu ke Mapolresta Solo.

“Untuk memastikan apakah mobil itu benar milik kerabat Keraton atau bukan, kami mencoba menghubungi pelapor untuk membawa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor [BPKB] mobil yang dilaporkan hilang. Setelah dicek, nomor mesin dan nomor rangka mobil yang ditemukan di Pasar Gede ternyata memiliki kesamaan dengan keterangan dalam BPKB kendaraan milik kerabat Keraton,” terang Kapolres.

Dengan ditemukannya mobil Pajero Sport milik istri PB XIII tersebut, Polresta Solo kini tinggal mencari pelaku yang kabur. Kapolresta menyebut kunci asli mobil kini masih dibawa pelaku.

“Kami terus mengembangkan serta menyelidiki lebih lanjut mengenai kasus ini, siapa saja bisa terlibat,” jelas Kapolresta.

Kuasa Hukum PB XIII, Ferry Firman Nurwahyu, sebelumnya mengatakan pencurian mobil milik istri PB XIII dilakukan setelah Keraton menggelar acara sungkeman di Sasana Handrawiyana untuk merayakan ulang tahun ke-69 PB XIII.

Mobil tersebut dicuri saat terparkir di Sasana Putra. Pelaku mencabut dua power supply CCTV yang mengarah ke garasi untuk mengelabui petugas jaga yang saat itu piket.

 

Lowongan Pekerjaan
CV Maharani Food, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Penurunan PTKP

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (4/8/2017). Esai ini karya Muhammad Aslam, seorang praktisi perpajakan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah aslam_boy@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Target penerimaan pajak yang sering tidak tercapai selalu menjadi perhatian khusus pemerintah dari tahun…