Ilustrasi proyek Palapa Ring (kominfo.go.id) Ilustrasi proyek Palapa Ring (kominfo.go.id)
Minggu, 6 Agustus 2017 23:30 WIB Lavinda/JIBI/Bisnis Ekonomi Share :

Palapa Ring Barat Bisa Disewakan Akhir 2017

Palapa Ring Barat di Natuna sudah bisa disewakan mulai akhir 2017 ini.

Solopos.com, JAKARTA — Jaringan serat optik bawah laut tahap pertama dalam proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring Barat di wilayah Natuna, sudah bisa dikomersialkan pada akhir 2017.

Secara keseluruhan, proyek Palapa Ring Barat dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) itu dipastikan rampung sesuai rencana pada Februari 2018.

Penggelaran kabel serat optik bawah laut tahap pertama sepanjang 1.242 Kilometer (Km) mulai dilakukan pada Minggu (6/8/2017) mulai dari Batam – Tarempa – Natuna – Singkawang – Sekanah Daik Lingga. Proses tersebut ditargetkan rampung Desember 2017.

Sementara itu, penggelaran kabel serat optik laut tahap kedua segera dilaksanakan pada awal September dan ditargetkan rampung juga pada akhir Desember 2017. Tahap terakhir akan selesai Februari 2018.

“Batch pertama kami harapkan sudah bisa dipakai akhir tahun ini. Rencana kami akan bisa menghidupkan Natuna, panjangnya 1200 km,” ungkap Presiden Direktur PT Palapa Ring Barat Syarif Lumintarjo di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Megaproyek sektor telekomunikasi itu menerapkan skema pembayaran sesuai ketersediaan (availability payment). Setelah proyek rampung, kapasitas jaringan akan dikelola oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) untuk disewakan kepada operator telekomunikasi atau pemerintah daerah.

“Modelnya yang mengelola kapasitas itu BP3TI melalui mekanisme availability payment. Nanti dibayarnya perbulan atau pertahun sesuai ketersediaan kapasitas jaringan,” jelasnya.

Sayangnya, sampai saat ini BP3TI belum memiliki model pengelolaan beserta ketentuan tarif penyewaan infrastruktur jaringan Palapa Ring. Padahal, mekanisme pemanfaatan merupakan hal krusial dalam pengelolaan jaringan tersebut.

Proyek Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi melalui pembangunan serat optik sepanjang 36.000 km di seluruh Indonesia yang dibagi menjadi Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Lowongan Pekerjaan
CV Maharani Food, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Penurunan PTKP

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (4/8/2017). Esai ini karya Muhammad Aslam, seorang praktisi perpajakan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah aslam_boy@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Target penerimaan pajak yang sering tidak tercapai selalu menjadi perhatian khusus pemerintah dari tahun…