Para pemain Diklat Putra Kudus memamerkan piala dan medali emas yang mereka peroleh pada Liga Pelajar U-14 Piala Menpora 2017 Wilayah Jateng di Lapangan Kota Barat, Solo, Minggu (6/8). (JIBI/Solopos/Hanifah Kusumastuti)
Minggu, 6 Agustus 2017 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Indonesia Share :

LIGA PELAJAR U-14
SMPN 15 Solo Gagal ke Putaran Nasional

Liga Pelajar U-14 diwarnai dengan Diklat Putra Kudus yang menjuarai wilayah Jateng.

Solopos.com, SOLO — Mimpi kesebelasan SMPN 15 Solo lolos ke putaran nasional Liga Pelajar U-14 Piala Menpora 2017 yang sudah di depan mata gagal berantakan. Itu terjadi setelah tim polesan Ano Suhardi tersebut tumbang dengan skor tipis 0-1 dari Diklat Putra Kudus pada babak final wilayah Jateng di Lapangan Kota Barat, Solo, Minggu (6/8/2017) sore WIB.

Kedua tim seharusnya tampil maksimal pada pertandingan pamungkas Liga Pelajar U-14 Piala Menpora Wilayah Jateng ini. Namun, faktor kelelahan membayangi SMPN 15 Solo maupun Diklat Putra Kudus karena pada hari yang sama mereka bertanding di babak 16 besar, perempatfinal, serta semifinal.

Meski dilanda kelelahan fisik, SMPN 15 maupun Diklat Putra Kudus tetap menunjukkan kegigihan mereka untuk memperebutkan satu-satunya tiket ke tingkat nasional. Diklat Putra Kudus lebih dominan pada babak awal. Setidaknya, tiga kali tim asal Kudus ini mengancam gawang SMPN 15 Solo.

Namun gol baru tercipta menjelang menit-menit akhir babak pertama lewat kerja sama apik Dafa Sangga dan Aprilliano. Berawal dari serangan balik cepat, Aprilliano mendrible bola dari sayap kiri kemudian memberi umpan lambung kepada Dafa yang diteruskan dengan aksi solo run untuk dituntaskan dengan gol tendangan voli ke gawang SMPN 5 Solo.

Permainan berlangsung semakin memanas di babak kedua. Kedua tim beberapa kali terlibat bentrok hingga memaksa wasit Umar mencabut kartu kuning. Meski sudah berusaha membalas gol Diklat Putra Kudus, SMPN 15 Solo akhirnya harus menyerah karena kedudukan 0-1 tak berubah hingga menit terakhir.

“Permainan Putra Kudus sangat keras. Anak-anak sepertinya sudah gerogi dulu. Memang sayang sekali kami tidak sampai ke nasional, padahal sudah sampai di sini,” jelas Pelatih SMPN 15 Solo, Ano Suhardi, saat dijumpai Solopos.com, seusai pertandingan final.

Sebaliknya, wajah gembira terlihat pada skuat Putra Kudus. Begitu wasit meniup peluit akhir, mereka bersujud di lapangan sebagai tanda syukur keberhasilan mereka melaju ke tingkat nasional. Ini sekaligus menjadi penebusan  Putra Kudus setelah di final Wilayah Jateng tahun lalu mereka disingkirkan Terang Bangsa Semarang.

“Kami layak mendapatkan ini. Kami tim paling agresif dengan mencetak 11 gol. Kami juga baru kebobolan satu gol selama fase grup, itu pun dari penalti,” jelas Pelatih Diklat Putra Semarang, Cucun Sulistyo.

Diklat Putra Kudus menyingkirkan 21 tim lain dari tujuh Korda untuk mewakili Jateng ke tingkat nasional. Liga Pelajar U-14 Piala Menpora ting kat nasional rencananya akan digelar di Magelang, 6-9 September 2017 nanti. “Masih ada waktu untuk membenahi kekurangan. Salah satunya persoalan fisik,” jelas Cucun.

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…