Chelsea Vs Arsenal (Twitter) Chelsea Vs Arsenal (Twitter)
Minggu, 6 Agustus 2017 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Inggris Share :

Konsep Adu Penalti ABBA akan Dijajal di Community Shield

Community Shield akan menjadi turnamen pertama yang menjajal konsep adu penalty ABBA.

Solopos.com, LONDON — Regulasi baru tentang adu penalti ABBA kali pertama akan dijajal pada laga Arsenal melawan Chelsea pada Community Shield di Stadion Wembley, London, Minggu (6/8/2017) pukul 20.00 WIB.

Jadi dalam konsep baru adu tos-tosan itu, algojo penalti Tim A dan Tim B tidak mengeksekusi penalti secara bergantian. Karena sistem lama itu dianggap kurang fair, karena penendang kedua Tim B akan lebih mendapat tekanan besar ketimbang penendang pertama Tim A, dan seterusnya.

Aturan  baru pun dibuat dengan konsep ABBA. Jadi penendang pertama adalah Tim A, kemudian dua penendang selanjutnya adalah Tim B, alias tidak diselang-seling. Jika diperinci maka urutannya menjadi AB BA AB menggantikan fotmat AB AB AB. Aturan ini sendiri terinspirasi dari format babak tie-breaks dalam olahraga tenis.

Nah aturan itu akan dijajal kali pertama jika Arsenal dan Chelsea bermain sama kuat dalam waktu normal. Rencananya adu penalti dengan konsep ABBA akan diterapkan pada Piala Liga musim depan.

“FA [Federasi Sepak Bola Inggri] mengumumkan perubahan urutan penendang penalti, konsep ini akan diuji coba pada laga Community Shield yang disponsori McDonald, ini kali pertama format baru akan dipakai dalam laga kompetitif di negara ini,” jelas pernyataan resmi FA, seperti dilansir standard.co.uk, Sabtu (5/8/2017).

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…