Logo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). (Ist)
Minggu, 6 Agustus 2017 15:21 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

KAMPUS JOGJA
UNY Posisi Delapan Versi 4icu.org

Kampus Jogja, UNY menduduki posisi 10 besar se-Indonesia.

Solopos.com, SLEMAN – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bertengger di urutan ke delapan dari 513 universitas di Indonesia versi Direktoru 4 International Colleges and Universities (4ICU) atau 4icu.org pada Agustus 2017. Masuknya peringkat sepuluh besar itu karena popularitas kampus berdasarkan website yang dimiliki.

Lembaga 4ICU merupakan direktori pendidikan tinggi internasional berkedudukan di Australia yang mereview perguruan tinggi di dunia yang telah terakreditasi. Lembaga 4ICU ini melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 peguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan lima parameter, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow.

Adi Cilik Pierawan Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNY mengatakan, peringkat itu naik tiga urutan dari sebelumnya berada di urutan 11 pada 2016 silam. Untuk menaikkan peringkat tersebut, UNY telah melakukan sejumlah pembenahan, seperti adanya backlink. Hal itu untuk melihat seberapa banyak penggunaan referensi oleh website lain yang diambil dari website UNY. Selain itu meningkatkan penelitian dosen yang mengutip dari sumber internal lewat website.

“Potensi meningkatkan jumlah pembaca juga ada pada calon mahasiswa baru. Langkahnya adalah mempromosikan UNY pada awal tahun ajaran seperti sekarang,” terangnya dalam rilis kepada Solopos.com, Jumat (5/8/2017).

Saat ini, popularitas online dari sebuah universitas merupakan suatu kebutuhan di masa saat ini, hal itu bisa dilihat dari popularitas web-nya. Apalagi internet menjadi salah satu sumber informasi utama masyarakat. “Ke depan akan terus ditingkatkan,” ungkap dia.

Kabag Informasi UNY Maryoto menambahkan, website UNY saat ini sudah cukup informatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Sejalan itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap UNY. Pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan terhadap laman website UNY agar ke depan semakin membaik.

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…