Foto Ilustrasi Sarjana/Reuters Foto Ilustrasi Sarjana/Reuters
Minggu, 6 Agustus 2017 07:00 WIB Insetyonoto/JIBI/Solopos Solo Share :

KAMPUS DI SOLO
Ternyata Akreditasi Perguruan Tinggi Swasta di Soloraya Kebanyakan C

Akreditasi perguruan tinggi swasta (PTS) di Soloraya kebanyakan masih C.

Solopos.com, SOLO—Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Komisariat II Surakarta mengungkapkan masih banyak perguruan tinggi swasta (PTS) di Soloraya yang akreditasi institusi mereka C.

Ketua Aptisi Komisariat II Surakarta, Ali Mursyid Wahyu Mulyono, mengatakan akreditasi institusi sangat penting karena menyangkut mutu dan kualitas PTS bersangkutan.

“Saat ini PTS di Soloraya yang akreditasi institusinya B dan A masih sedikit. Kebanyakan akreditasi institusinya C,” kata dia saat dihubungi Solopos.com di Solo, Rabu (2/8/2017).

Berdasarkan data Aptisi Komisariat II Surakarta, PTS yang telah memiliki akreditasi institusi A hanya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sedangkan PTS yang akreditasi institusinya B antara lain Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bentara) dan Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Ali menyatakan akreditasi institusi dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga memilih kuliah di PTS tersebut. “Kalau akreditasi PTS kurang baik dapat menurunkan kepercayaan masyarakat. Dampaknya jumlah mahasiswa yang mendaftar tidak banyak,” jelas dia.

Selain akreditasi PTS juga ada akreditasi program studi (prodi). Untuk membantu meningkatkan akreditasi institusi PTS di Soloraya, sambung Ali, pihaknya telah menggelar workshop bimbingan teknik (bintek) akreditasi. Kegiatan workshop yang diadakan di Auditorium Gedung Induk Siti Walidah UMS, Pabelan, Sukoharjo pada Selasa (1/8/2017) lalu diikuti 40 PTS.

“Para peserta dibimbing cara penyusunan akreditasi institusi maupun program studi. Demikian pula manfaatnya dari anggota Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi [BAN-PT],” kata dia.

Setelah mengikuti workshop, PTS yang sekarang akreditasi institusinya masih C diharap bisa meningkat menjadi B. Sementara itu, PTS yang akreditasinya B menjadi A. “Akreditasi institusi dan program studi merupakan jaminan mutu pendidikan di PTS bersangkutan,” kata Ali.

Sementara itu, Pejabat Humas Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Bayu Adi Saputra telah mengajukan peningkatan akreditasi institusi dari C ke B. “Kami sudah mengajukan akreditasi institusi B sejak Maret 2017. Saat ini masih menunggu kunjungan dari BAN-PT,” jelas dia.

Bayu optimistis UTP akan mendapatkan akreditasi institusi B. “Kalau untuk akreditasi program studi semuanya sudah B,” kata dia.

Lowongan Pekerjaan
CITRA JAYA SEWING MACHINE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Penurunan PTKP

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (4/8/2017). Esai ini karya Muhammad Aslam, seorang praktisi perpajakan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah aslam_boy@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Target penerimaan pajak yang sering tidak tercapai selalu menjadi perhatian khusus pemerintah dari tahun…