Teknologi
Minggu, 6 Agustus 2017 - 17:10 WIB

Ini yang Dibahas di Pertemuan Kemenkominfo dan Google

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkominfo Rudiantara. (JIBI/Antara)

Kemenkominfo menggelar pertemuan dengan Google usai bertemu Line, Telegram, higga Facebook.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pertemuan dengan Google, Jumat (4/8/2017). Pertemuan ini menjadi agenda lanjutan dari beberapa pertemuan sebelumnya dengan LINE, Telegram, serta Facebook.

Advertisement

Pertemuan yang digelar di gedung Kominfo tersebut, dihadiri oleh Menteri Kominfo Rudiantara dan Director Public Policy and Government Affair Southeast Asia and Greater China Google Asia Pacific, Ann Lavin.

Keduanya membahas soal penanganan konten negatif di semua layanan milik Google yang berkaitan dengan hoax, radikalisme, dan terorisme. Google telah sepakat untuk menaikkan pelayanannya (service level agreement) dalam memberantas konten-konten tersebut.

“Hari ini kami mengadakan pertemuan tentang bagaimana meningkatkan service level di platform Google. Yang kami bahas hari ini adalah mengenai penangan konten negatif, hoax, radikalisme, terorisme, dan sebagainya,” kata Rudiantara, seperti dilansir Antara, Jumat (4/8/2017).

Advertisement

Pria yang akrab disapa Chief RA itu juga menjelaskan bahwa saat ini Google telah mengembangkan sebuah mekanisme laporan masyarakat berupa penanda konten negatif. Mekanisme yang dinamakan trusted flagger tersebut memiliki konsep yang sama seperti yang diterapkan di layanan Youtube.

Selain itu Rudiantara juga mengatakan bahwa Google menyediakan legal removal yang berkaitan dengan hukum di Indonesia. Sehingga Google dan Kominfo dapat melakukan koordinasi dengan organisasi kemasyarakatan terpilih seperti ICT Watch, Mafindo, Wahid Institute atau lainnya.

Sebelumnya, Kominfo juga telah melakukan pertemuan dengan Facebook pada Rabu atau 2 Agustus 2017. Pembahasan keduanya juga masih mengenai penanganan konten negatif di layanan Facebook.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif