News
Minggu, 6 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 6 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Robin van Persie saat berseragam Manchester United. (Vbetnews.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Agustus, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 6 Agustus. Dihimpun dari Thepeioplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Agustus.

Advertisement

Goa yang digali pasukan pemberontak semasa Pemberontakan Bar Kokhba. (Wikimedia.org)

135
Pasukan Kekaisaran Romawi menyerbu benteng milik orang Yahudi di Betar, sebelah barat daya Yerusalem. Serangan itu berhasil meredam pemberontakan orang Yahudi yang berlangsung sejak 132 yang disebut Pemberontakan Bar Kokhba.

Advertisement

135
Pasukan Kekaisaran Romawi menyerbu benteng milik orang Yahudi di Betar, sebelah barat daya Yerusalem. Serangan itu berhasil meredam pemberontakan orang Yahudi yang berlangsung sejak 132 yang disebut Pemberontakan Bar Kokhba.

1284
Pertempuran Meloria antara pasukan Republik Pisa dan pasukan Republik Genoa pecah di Laut Liguria di dekat Dangkalan Meloria. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pasukan Republik Genoa. Republik Pisa harus rela kehilangan 5.000 tentaranya yang tewas dan 9.000 hingga 11.000 tentaranya yang tertangkap pasukan Republik Genoa.

1717
Raden Mas Sujana lahir di Kasunanan Kartasura, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Setelah dewasa, Raden Mas Sujana menyandang gelar Pangeran Mangkubumi. Ia lantas dikenal luas sebagai raja pertama di Kesultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I yang memerintah dari 1755 hingga 1792.

Advertisement

1914
Dua hari setelah Inggris mendeklarasikan perang terhadap Jerman, pasukan Angkatan Laut Jerman menyerang kapal perang milik Inggris di Laut Utara. Peristiwa itu menyebabkan pecahnya Pertempuran Atlantik yang berlangsung hingga Oktober 1918.

1914
Serbia mendeklarasikan perang terhadap Jerman, sementara Austia menyatakan perang melawan Rusia. Dengan begitu, Austria dipastikan berada di pihak Jerman sementara Serbia berada di pihak Rusia dalam Perang Dunia I.

1917
Pertempuran yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan Rumania meletus di Marasesti, Vrancea, Rumania. Peretmpuran tersebut berlangsung hingga 8 September di tahun yang sama. Dalam pertempuran yang dikenang dengan sebutan Pertempuran Marasesti itu, pasukan Rumania yang dibantu Rusia berhasil mengalahkan pasukan Jerman yang mendapatkan bantuan dari Austria-Hungaria.

Advertisement

1940
Setelah berhasil mencaplok Latvia sehari sebelumnya, Uni Soviet secara resmi juga menganeksasi Estonia. Estonia menjadi negara ke-16 yang menjadi negara anggota Uni Soviet. Estonia baru meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991.

Bom atom bernama Little Boy yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, 1945. (Wikimedia.org)

1945
Bom atom milik Amerika Serikat (AS) yang dinamai Little Boy dijatuhkan di Hiroshima, Jepang. Serangan bom atom yang dilancarkan AS ke Jepang itu langsung menewaskan 80.000. Korban tewas bertambah 60.000 orang hingga akhir tahun karena penyakit yang disebabkan radiasi dari bom tersebut.

Advertisement

1983
Robin van Persie lahir di Rotterdam, Belanda. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub sepak bola di Turki, Fenerbahce. Sebelum membela Fenerbahce, Robin van Persie pernah membela dua klub besar di Inggris, yakni Arsenal dan Manchester United. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif