Ilustrasi layanan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi layanan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). (JIBI/Solopos/Dok.)
Minggu, 6 Agustus 2017 04:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

41.107 Rumah Tangga di DIY Belum Menikmati Listrik

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Edi Indrajaya menyatakan masalah keteraliran listrik erat kaitannya dengan masyarakat

 
Solopos.com, JOGJA- Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Edi Indrajaya menyatakan masalah keteraliran listrik erat kaitannya dengan masyarakat.

“Byar pet itu karena banyak pohon [yang menggangu jaringan listrik] terutama saat hujan. Butuh kerjasama masyarakat juga terutama yang di desa, kalau di kota sudah [aman],” tuturnya, Jumat (4/8/2017).

Saat ini, pemerintah DIY tengah berupaya untuk mencapai target rasio elektrifikasi 100%. Berdasarkan data sampai akhir 2016, rasio elektrifikasi DIY sebesar 96,31%. “Sisanya, sebanyak 41.107 rumah tangga belum menikmati listrik dari total 1.113.770 rumah tangga di DIY,” katanya.

Dinas PUP ESDM menargetkan bisa mencapai rasio 100% maksimal 2019. Namun, tidak menutup kemungkinan dinas mencapai target lebih cepat mengingat sumber dana tidak hanya berasal dari Pemda DIY tetapi juga dari PLN dan swadaya masyarakat serta APBN.

Tahun ini Pemda DIY juga sudah menganggarkan pembangunan jaringan listrik dan pemasangan sambungan instalasi listrik rumahan. Tahun ini, dinas membangun jaringan listrik di 28 dusun dan sambungan di 3.360-an rumah. “Harapan kita bisa tambah lagi waktu anggaran perubahan,” katanya.

Dengan semakin giatnya penyaluran listrik ini, ia meminta kepada masyarakat untuk ikut menjaga keteraliran listrik dengan tidak memasang material yang mengganggu jaringan listrik. Jika melihat dari hasil penilitian Pusat Studi Energi UGM, ketahanan energi di DIY mencapai 0,6 dari skala 0-1.

Artinya, kata Edi, capaian itu cukup bagus. Hal tersebut menunjukkan bahwa kecukupan energi, kemudahan, serta  ketersediaan mendapatkan listrik di DIY baik.

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…