Jogja
Minggu, 6 Agustus 2017 - 04:20 WIB

41.107 Rumah Tangga di DIY Belum Menikmati Listrik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). (JIBI/Solopos/Dok.)

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Edi Indrajaya menyatakan masalah keteraliran listrik erat kaitannya dengan masyarakat

 
Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Edi Indrajaya menyatakan masalah keteraliran listrik erat kaitannya dengan masyarakat.

Advertisement

“Byar pet itu karena banyak pohon [yang menggangu jaringan listrik] terutama saat hujan. Butuh kerjasama masyarakat juga terutama yang di desa, kalau di kota sudah [aman],” tuturnya, Jumat (4/8/2017).

Saat ini, pemerintah DIY tengah berupaya untuk mencapai target rasio elektrifikasi 100%. Berdasarkan data sampai akhir 2016, rasio elektrifikasi DIY sebesar 96,31%. “Sisanya, sebanyak 41.107 rumah tangga belum menikmati listrik dari total 1.113.770 rumah tangga di DIY,” katanya.

Dinas PUP ESDM menargetkan bisa mencapai rasio 100% maksimal 2019. Namun, tidak menutup kemungkinan dinas mencapai target lebih cepat mengingat sumber dana tidak hanya berasal dari Pemda DIY tetapi juga dari PLN dan swadaya masyarakat serta APBN.

Advertisement

Tahun ini Pemda DIY juga sudah menganggarkan pembangunan jaringan listrik dan pemasangan sambungan instalasi listrik rumahan. Tahun ini, dinas membangun jaringan listrik di 28 dusun dan sambungan di 3.360-an rumah. “Harapan kita bisa tambah lagi waktu anggaran perubahan,” katanya.

Dengan semakin giatnya penyaluran listrik ini, ia meminta kepada masyarakat untuk ikut menjaga keteraliran listrik dengan tidak memasang material yang mengganggu jaringan listrik. Jika melihat dari hasil penilitian Pusat Studi Energi UGM, ketahanan energi di DIY mencapai 0,6 dari skala 0-1.

Artinya, kata Edi, capaian itu cukup bagus. Hal tersebut menunjukkan bahwa kecukupan energi, kemudahan, serta  ketersediaan mendapatkan listrik di DIY baik.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Listrik PLN DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif