Li Zhonghua (tengah) berenang bersama enam pejabat di sebuah sungai yang dulunya tercemar (Shanghaiist) Li Zhonghua (tengah) berenang bersama enam pejabat di sebuah sungai yang dulunya tercemar (Shanghaiist)
Sabtu, 5 Agustus 2017 11:52 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

VIDEO UNIK
Buktikan Tak Lagi Tercemar, Wali Kota Nekat Berenang di Sungai

Wali Kota Yongcheng, Tiongkok rela berenang di sungai untuk membuktikan kepada warganya sungai tersebut tak lagi tercemar.

Solopos.com, YONGCHENG – Pada Juli 2017, salah satu sungai di kota Yongcheng, Provinsi Henan, Tiongkok dikategorikan sebagai salah satu sungai kotor dan tercemar. Warga tidak disarankan berenang di di sungai tersebut.

Ingin membuat perubahan untuk warganya, Wali Kota Yongcheng, Li Zonghua, berjanji segera mensterilkan sungai tersebut. Benar saja, sungai yang kotor dan tercemar itu kini berubah menjadi bersih. Demi membuktikan kebersihan sungai tersebut, Li bahkan nekat berenang.

Dilansir Shanghaiist, Kamis (3/8/2017), Li Zhonghua dikenal sebagai orang yang sadar akan lingkungan. Ia langsung menstrerilkan air sungai setelah mendengar kabar tingkat pencemarannya terlalu tinggi. Pada Selasa (1/8/2017), Li Zhonghua mengumumkan air sungai tersebut sudah tak lagi tercemar. Untuk membuktikan hal itu, Li berenang di sungai tersebut. Ia menjadi yang pertama terjun ke sungai, yang kemudian diikuti enam pejabat lokal.

Warga mengabadikan aksi Li Zhonghua saat membuktikan sungai tak lagi tercemar (Shanghaiist)

Warga mengabadikan aksi Li Zhonghua saat membuktikan sungai tak lagi tercemar (Shanghaiist)

Aksi Li ini mendapat banyak pujian, di Weibo, Li disebut sebagai pahlawan, karena ia mampu mengubah sungai tercemar menjadi bersih. Dalam foto yang beredar, aksi Li juga disambut meriah oleh warga. Mereka mengabadikan aksi Li di ponsel masing-masing.

Aksi serupa beberapa kali pernah terjadi di Tiongkok. Pada 2014, manager dari pabrik sepatu di Wenzhou berenang di sungai untuk membuktikan pabrik yang ia pimpin tidak mencemari sungai.

 

 

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…