Foto ilustrasi: mencuci wajah merupakan salah satu cara mencegah munculnya jerawat menjelang menstruasi. (verywell.com) Mencuci wajah (verywell.com)
Sabtu, 5 Agustus 2017 05:00 WIB Women Share :

TIPS KECANTIKAN
Begini Cara Cegah Jerawat Menjelang Menstruasi

Tips kecantikan kali ini membahas cara mencegah munculnya jerawat menjelang menstruasi.

Solopos.com, SOLO — Kehadiran jerawat menjelang menstruasi/haid terasa mengganggu penampilan. Kehadiran jerawat menjelang menstruasi biasanya terkait dengan perubahan hormon pada tubuh wanita menjelang menstruasi.

Namun, sebenarnya jerawat tak hanya terjadi menjelang haid. Ada beragam penyebab antara lain pola makan, debu, keringat, benda yang bersentuhan langsung dengan wajah, hingga menstruasi.

Beberapa penyebab tersebut mungkin dapat Anda cegah, tapi saat jerawat muncul karena menstruasi, tidak banyak dari Anda yang paham cara untuk menghadapinya. Karena beberapa dari Anda cenderung berpikir bahwa sudah sewajarnya jerawat ini tumbuh sebelum atau saat masa menstruasi Anda berlangsung.

Padahal sebenarnya tidak demikian. Jerawat karena menstruasi juga dapat dicegah. Dilansir dari Livestrong, belum lama inim dia langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi :

Cuci wajah secara rutin tiap pagi dan malam dengan sabun cuci muka. Hindari menggunakan sabun cuci muka yang mengandung scrub, karena Universitas di Maryland Medical Center mengatakan scrub hanya akan memperburuk jerawat Anda. Selain itu, Anda jugai disarankan untuk menggunakan produk perawatan wajah dan makeup yang tidak mengandung minyak.

Coba bicarakan dengan dokter Anda. Jika memungkinkan, mintalah pil KB. Menurut Departemen Kesehatan dan Kemanusiaan di Amerika Serikat, pil KB dikabarkan dapat mengurangi munculnya jerawat baik pada saat menstruasi maupun tidak. Pil KB mampu mengurangi kandungan lemak pada lapisan kulit dan menurunkan tingkat hormone androgen yang dapat menimbulkan jerawat.

Konsumsi suplemen bernutrisi secara teratur. Hal ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah Anda selama masa menstruasi. Mineral zinc dapat mengurangi jerawat.

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…