Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono. (JIBI/Solopos/Antara/I Citra Senjaya) Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono. (JIBI/Solopos/Antara/I Citra Senjaya)
Sabtu, 5 Agustus 2017 07:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

PILKADA 2018
Pelatihan untuk Kapolres se-Jateng Resmi Ditutup

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 disongsong Polda Jateng dengan memberikan pelatihan terhadap para kapolres.

Solopos.com, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) memberikan pelatihan bagi para kapolres di wilayahnya guna menghadapi Pilkada atau Pilgub Jateng 2018. Pelatihan yang digelar selama lima hari, mulai 31 Juli – 4 Agustus 2017 itu digelar di Auditorium JCLEC Akademi Kepolisian, Semarang, Jateng.

“Pelatihan terhadap para kapolres itu kami berikan sebagai persiapan menghadapi Pilkada dan Pilgub Jateng 2018. Para kapolres harus memiliki langkah-langkah antisipasi agar pelaksanaan pilkada dan pilgub nanti berjalan aman dan lancar,” tutur Kapolda Jateng saat dijumpai wartawan pada acara halalbihalal di Royal House, Semarang, Rabu (2/8/2017).

[Baca juga Kapolres Se-Jateng Berlatih Amankan Pilkada]

Kapolda menambahkan selain menggelar pelatihan, sebagai langkah awal persiapan pihaknya juga telah melakukan pemetaan potensi kerawanan pilkada. Hasil pemetaan gangguan yang bisa mengganggu keamanan dan kelancaran pilkada di antaranya money politics dan black campaign dengan mengusung isu suku, ras, agama, dan antargolongan (SARA).

“Isu SARA itu biasanya dilakukan melalui media sosial (medsos). Sebagai antisipasi, tiap-tiap polres akan dibentuk cyber group. Tim cyber akan mendapat pelatihan untuk mendeteksi dan melakukan tindakan hukum terhadap kampanye hitam,” beber Condro.

Sementara itu, pelatihan terhadap para kapolres dalam menghadapi Pilkada dan Pilgub Jateng 2018 resmi ditutup pada Jumat (4/8/2017). Dilansir laman Internet resmi Polda Jateng, acara penutupan itu dihadiri Kapolda bersama Direktur Excekutive Program JCLEC, Supt. James Stokes; Kabag Pengembangan JCLEC Kombes Pol. Drs. Eko Rudi Yuswanto; Perwakilan Australia Federal Police MR. Brett Mc. Donald serta praktisi akademi dari Universitas Canberra Australia Prof. Gregory Urbas.

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng menginstruksikan pada para kapolres agar sungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi pengamanan pilkada serentak di Jateng. “Manfaatkan ilmu yang didapat selama pelatihan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan,” pesan Kapolda Jateng.

Pilkada 2018 di Jateng akan digelar di level provinsi, yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) serta pemilihan kepala daerah (pilkada) di tujuh kabupaten/kota. Tujuh daerah yang melaksanakan pilkada itu, yakni Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, dan Kota Tegal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Lowongan Pekerjaan
CITRA JAYA SEWING MACHINE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dilema Suporter

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (31/7/2017). Esai ini karya Suwarmin, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah suwarmin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO — Suporter adalah pemanis dalam permainan sepak bola. Tepuk tangan suporter, nyanyian mereka, gerak dan gesture mereka, bahkan lenguhan yang…