Sport
Sabtu, 5 Agustus 2017 - 06:25 WIB

PIALA SUPER JERMAN : Dortmund Vs Munchen: Memburu Rekor Baru

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Borussia Dortmund vs FC Bayern Munich. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Piala Super Jerman mempertemukan Dortmund melawan Bayern Munchen.

Solopos.com, DORTMUND — Bayern Munich dan Borussia Dortmund bersanding dalam daftar tim yang paling banyak mengoleksi gelar DFL Supercup (Piala Super Jerman) masing-masing lima trofi.

Advertisement

Nah, Bayern dan Dortmund akan memburu rekor baru saat kedua tim dipertemukan kembali pada DFL Supercup di Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (6/8/2017) pukul 01.30 WIB.

Siapa pun pemenangannya, mereka bisa mengklaim sebagai tim tersukses dengan enam trofi di panggung yang mempertemukan juara bertahan Bundesliga dan DFB Pokal itu. Ini akan menjadi edisi ke-18 turnamen yang semula berlabel DFB-Supercup tersebut.

Dalam 10 edisi pertama, juara bertahan Bundesliga lebih dominan dengan delapan kali juara. Namun, tujuh tahun terakhir, tren tersebut mulai bergeser. Tim dengan status juara bertahan DFB Pokal justru lebih sering juara ketimbang juara bertahan Bundesliga, yakni lima berbanding dua.

Advertisement

Hal itu semacam warning bagi Die Roten, julukan Bayern, yang  musim ini menyandang status juara bertahan Bundesliga. Apalagi, tim besutan Carlo Ancelotti tersebut menelan hasil buruk dengan menderita lima kekalahan dalam enam pertandingan di pramusim. Termasuk dibantai Liverpool 0-3 dan dipermalukan Napoli 0-2 saat menjadi tuan rumah di Audi Cup, pekan ini.

Dalam analisis Sportskeeda, kehilangan identitas menjadi salah satu alasan Bayern keok di pramusim. Die Roten seolah kehilangan jati diri karena ditinggalkan kapten mereka, Philip Lahm, yang pensiun akhir musim lalu. Tak adanya lagi Xabi Alonso yang menjadi jangkar di lini tengah Bayern juga disebut-sebut menjadi penyebab tren buruk Robert Lewandowski dkk. dalam laga-laga pemanasan sebelum kompetisi resmi.

“Kami  menelan banyak kekalahan di pramusim namun kami akan bekerja keras untuk laga berikutnya. Para pemain muda melakukan tugas dengan baik. Itu tes bagus bagi mereka agar bisa naik level. Niklas Sule dan Sebastian Rudy dalam performa bagus. Sekarang kami persiapan ke kandang Dortmund dan kami akan berusaha memenanginya,” jelas Ancelotti, seperti dilansir Foxsports.com, Jumat (4/8/2017).

Advertisement

Hanya, Bayern mengalami badai cedera pemain menjelang laga der klassiker ini. Salah satu pemain baru mereka, James Rodriguez, diragukan turun karena cedera saat pramusim. Kapten dan kiper Bayern, Manuel Neuer, juga belum fit sejak mengalami cedera kaki serius pada akhir musim lalu.

Sementara itu, duel melawan Bayern di Piala Super Jerman ini akan menjadi debut Peter Bosz di laga resmi sebagai pelatih Dortmund. Mantan der trainner Ajax Amsterdam tersebut mendatangkan tiga muka baru Maximilian Philipp, Omer Toprak, dan Mahmoud Dahoud setelah kehilangan Sven Bender dan  Matthias Ginter yang dilego ke klub lain musim panas ini.

“Saya tidak sabar untuk melakoni laga kompetitif pertamaku di Signal Iduna Park. Big match selalu menarik. Kami ingin menjuarainya,” jelas Bosz, seperti dikutip fearthewall.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif