F.X. Hadi Rudyatmo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos) F.X. Hadi Rudyatmo (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)
Sabtu, 5 Agustus 2017 07:00 WIB Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos Solo Share :

PENDIDIKAN SOLO
2018, Sekolah Satu Atap di Mojosongo Solo Ditarget Beroperasi

Sekolah satu atap di Solo ditarget bisa beroperasi pada tahun ajaran 2018/2019 atau pada tahun depan.

Solopos.com, SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengebut pembangunan sekolah satu atap dengan anggaran Rp15 miliar di Mojosongo.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan fondasi, pilar, dan atap bangunan selesai dikerjakan. Proses pengerjaan ini dinilai tidak mengalami kendala apa pun. “Akhir tahun ini fisik bangunan selesai. Tinggal tahun depan kita siapkan sarana dan prasarananya,” kata dia ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Rabu (2/8/2017).

Rudy mengatakan sekolah satu atap nantinya menggabungkan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Sekolah satu atap ini menjadi role model pendidikan di Kota Bengawan.

Menurutnya, sekolah satu atap SD dan SMP di satu lokasi lebih memudahkan pemerintah mewujudkan wajib belajar sembilan tahun. Dengan adanya sekolah satu atap, warga tidak perlu berpikir untuk mendaftarkan sekolah setiap tiga tahun.

“Karena secara administrasi sudah secara otomatis menjadi siswa di jenjang berikutnya,” tutur dia. Rudy juga menilai sistem pendidikan lebih sehat dengan penerapan sekolah satu atap. Negara, lanjut Rudy, wajib menyediakan layanan pendidikan yang terintegrasi. Selama ini pelaksanaan wajib belajar masih terhalang kondisi geografis.

“Kalau sekolah satu atap, setelah lulus SD tidak perlu cari SMP. Ya melanjutkan sekolah di situ saja. Tidak perlu pindah,” kata dia.

Rudy menargetkan sekolah satu atap bisa dioperasionalkan pada tahun ajaran 2018/2019. Pemkot Solo masih menjadikan program pendidikan dan kesehatan sebagai prioritas pembangunan.

“Pendidikan dan kesehatan muncul dalam musrenbang [musyawarah rencana pembagunan]. Selain itu juga bidang infrastruktur,” kata dia.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…