Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menelusuri jalur Malioboro dengan sepeda, Rabu (14/6/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja) Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menelusuri jalur Malioboro dengan sepeda, Rabu (14/6/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 5 Agustus 2017 11:22 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PEMKOT JOGJA
Heroe Ingin Keroyok Pengentasan Kemiskinan

Pemkot Jogja berupaya menemukan solusi mengatasi kemiskinan

Solopos.com, JOGJA — Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyatakan perlunya mengintegrasikan program pengentasan kemiskinan yang ada di semua organisasi perangkat daerah (OPD) agar penanganan kemiskinan lebih optimal.

Heroe mengatakan banyak program kegiatan pengentasan kemiskinan yang diampu oleh sejumlah OPD. Dana kemiskinan juga sudah banyak dianggarkan baik dari APBD Kota Jogja, Provinsi mau pun dari pemerintah pusat. Namun yang dia heran warga miskin tidak pernah berkurang.

“Program kemiskinan sudah puluhan tahun lalu kenapa masih ada yang miskin dan data kemiskinan juga itu-itu saja. Ini ada apa?” kata Heroe di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja, Jumat (4/8/2017).

Karena itu, menurut Heroe perlu strategi pengentasan kemiskinan melalui satu pintu. Dengan terintegrasi, kata dia, Pemerintah Kota Jogja bisa mengetahui jelas sasaran yang dituju dan program kegiatan yang peru dilakukan. Ia tidak ingin OPD hanya sebatas melaksanakan kegiatan tanpa memahami tujuan dari kegiatan yang dilakukan.

Ia mencontohkan ada OPD yang rutin menggelar pelatihan namun peserta pelatihan selalu tidak sesuai harapan. Menurut dia, meski pelatihan itu merupakan usulan warga, OPD tidak lantas mengakomodir begitu saja, melainkan perlu penelaahan dan disesuaikan dengan kondisi sosial dan kebutuhan masyarakat sasaran.

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…