Ilustrasi kue tar ulang tahun dengan lilin (Pinterest) Ilustrasi kue tar ulang tahun dengan lilin (Pinterest)
Sabtu, 5 Agustus 2017 07:10 WIB JIBI/Solopos/Antara Sains Share :

HASIL PENELITIAN
Tiup Lilin di Kue Tar Ulang Tahun Ternyata Berbahaya

Hasil penelitian menyebutkan tradisi meniup lilin di kue ulang tahun ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Solopos.com, SOLO – Ulang tahun tak bisa dipisahkan dengan tradisi meniup lilin di atas kue tar. Tapi tahukah Anda? Berdasarkan penelitian, meniup lilin di kue tar ternyata berdampak negatif bagi kesehatan.

Para ilmuwan dari Clemson University di Amerika Serikat sebagaimana dilansir Antara dari Times of India, Jumat (4/8/2017), menemukan tradisi populer bahkan meningkatkan bakteri pada lapisan gula kue hingga 1,4 persen.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Research itu diketahui bioaerosols dalam napas manusia dapat menjadi sumber bakteri yang kemudian ditransfer ke permukaan kue.

Hasil ini didapat setelah peneliti menguji perpindahan aerosol ke kue, dan bahkan tersebar merata di lilin ulang tahun. Peneliti meminta para partisipan memadamkan lilin dengan cara meniupnya.

Sebelum itu mereka meminta partisipan mengonsumsi pizza. Tim lalu melakukan pengujian untuk menentukan tingkat kontaminasi bakteri.

“Tradisi meniup lilin ulang tahun memiliki teori yang berbeda. Ada yang berteori praktik ini dimulai di Yunani Kuno, dan terkait dengan membawa kue dengan lilin menyala ke kuil dewi Artemis,” kata para peneliti.

“Budaya kuno lainnya percaya asap dari lilin bisa mewujudkan keinginan dan doa-doa mereka kepada para dewa,” imbuh mereka.

Lowongan Pekerjaan
CV Maharani Food, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dilema Suporter

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (31/7/2017). Esai ini karya Suwarmin, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah suwarmin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO — Suporter adalah pemanis dalam permainan sepak bola. Tepuk tangan suporter, nyanyian mereka, gerak dan gesture mereka, bahkan lenguhan yang…