Seorang pria diduga melakukan pelecehan seksual di bus Trans Jogja (Twitter) Seorang pria diduga melakukan pelecehan seksual di bus Trans Jogja (Twitter)
Sabtu, 5 Agustus 2017 13:45 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Issue Share :

Beredar Foto Pria Diduga Predator Seksual Bus Transjogja, Cerita Warganet Bikin Geram

Foto dan cerita tentang predator seksual tersebut didukung dengan cerita dari beberapa warganet.

Solopos.com, JOGJA Dugaan tindakan pelecehan seksual di Bus Trans Jogja ramai dibicarakan di media sosial (medsos). Kronologi pelecehan yang diungkap salah satu warganet mengundang cerita pelecehan lain yang juga melibatkan pria yang sama.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (4/8/2017), cerita tersebut diunggah oleh pengguna akun Twitter @ApaKataPuan, Rabu (2/8/2017). Akun tersebut mengunggah cerita dirinya menumpang Trans Jogja. Di bus yang ia tumpangi ada pria yang awalnya duduk seperti biasa, namun lama kelamaan, pria tersebut terus memperhatikan gerak-gerik siswi SMP yang duduk di belakang.

Setelah melewati sebuah halte, pria tersebut sengaja berdiri di belakang siswi SMP yang juga berdiri. “Saya merasa tidak nyaman melihat jarak tubuhnya dengan seorang siswi SMP lain yang berdiri di depannya. Saya menangkap kesan bahwa dia sengaja menempelkan tubuhnya ke bagian belakang tubuh si siswi. Padahal, ada ruang cukup untuk mundur,” tulis @ApaKataPuan.

Tak berhenti di situ, pria yang tak diketahui identitasnya itu berganti mendekati seorang mahasiswi yang naik dari halte selanjutnya. Kini dirasa si pria terlalu mendekat berhadap-hadapan dengan si mahasiswi. Padahal meskipun bus penuh, pria tersebut bisa sedikit bersender ke jendela bus, bukan mendekati penumpang lain.

Di akhir cerita, akun @ApaKataPuan melampirkan foto pria yang dia anggap sebagai predator seksual di bus Transjogja.

Cerita @ApaKataPuan itu viral, beberapa respons malah terkesan menambah bukti kalau pria tersebut sudah lama meresahkan perempuan penumpang Trans Jogja. Akun @sariebut mengaku rutin menumpang Trans Jogja, ia juga mengaku sering ketemu pria tersebut dan pernah menjadi korban.

Saya sebagai pengguna setia Trans Jogja sering banget ketemu pria creepy ini. Petugas bus pun sudah banyak yang tahu dan suka mengingatkan. Cuman masalahnya saya gatau kudu laporan kayak gimana. Saya dulu juga sempat ditempel-tempel sama ni psycho,” cuit @sariebut dalam dua tweet-nya.

Akun @sariebut harus berganti-ganti jalur Trans Jogja hanya agar tidak bertemu dengan pria tersebut. Pria itu juga diduga sengaja menaiki Trans Jogja yang kerap digunakan pelajar dan mahasiswa.

Akun @FitriNoerjanah juga mengungkap adiknya yang kuliah di Yogyakarta pernah bertemu pria tersebut di Trans Jogja. Merasa diawasi dan diikuti, si adik turun dari Trans Jogja dan sempat beberapa saat bersembunyi di sebuah masjid.

Setelah cerita tersebut viral, akun @Trans_Jogja mengimbau untuk penumpang Trans Jogja agar langsung melapor apabila mengetahui atau menjadi korban pelecehan di bus.

Silahkan langsung beritahu kru bus, agar bisa dilakukan tindakan kepada orang tersebut. Ada jatra/korlap yang siap membantu,” cuit @Trans_Jogja.

 

 

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Isu Kemiskinan di Jawa Tengah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (8/8/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id.  Solopos.com, SOLO–Pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 telah memanas dengan munculnya sejumlah kandidat dari sejumlah…