Jogja
Jumat, 4 Agustus 2017 - 10:53 WIB

Sejumlah Pasar Tradisional Sleman Direhab, Tahun Ini Ditarget Selesai

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pasar sayur-mayur (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Pasar tradisional Sleman sebagian akan direvitalisasi

Harianjogja.com, SLEMAN — Revitalisasi pasar-pasar tradisional terus berlanjut. Tahun ini, Pemkab juga akan merehab Pasar Tegalsari di Kecamatan Berbah, dilanjutkan Pasar Sleman dan Prambanan.

Advertisement

Baca Juga : PASAR TRADISIONAL SLEMAN : Tegalsari Berbah Bakal Direhab, Rp1,29 Miliar Dianggarkan

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUP-KP) Sleman Mirza Anfanzury mengatakan pembangunan pasar-pasar tersebut tetap diselesaikan tahun ini. Hal itu sesuai dengan kontrak kerja yang dilakukan Pemkab dengan para rekanan.

“Kami berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan pasar-pasar tersebut tahun ini,” ungkapnya, Kamis (4/8/2017).

Advertisement

Pembangunan Pasar Kalasan tahun ini, katanya, dianggarkan sebesar Rp5,2 miliar. Pasar tersebut dibongkar kemudian dibangun karena kondisinya sudah tidak layak. Saat ini, pasar tersebut sudah dibongkar dan pedagang pasar direlokasi ke lahan yang sebelumnya dijadikan lahan parkir.

“Proses pembangunannya ditarget selesai selama tujuh bulan,” ujarnya.

Selain Kalasan, pihaknya juga merevitalisasi Pasar Gentan yang berlokasi di Sinduharjo, Ngaglik. Pembangunan pasar tersebut diprediksi memakan waktu sekitar delapan bulan. Total anggaran yang disediakan untuk proyek tersebut sebesar Rp6 miliar. Untuk sementara, lanjutnya, sekitar 284 pedagang pasar direlokasi ke sebelah Selatan pasar.

Advertisement

Pemkab juga akan melanjutkan pembangunan pasar Prambanan tahap akhir. Proses lelang pembangunan pasar Prambanan masih berjalan dengan anggaran Rp24 miliar. Renovasi lanjutan rahab kios pasar Induk Sleman juga baru masuk tahap lelang dengan anggaran Rp1,69 miliar.

Menurut Mirza, pembangunan pasar kalasan masuk tahap kelima atau tahap finishing. Beberapa bagian bangunan seperti dinding, lahan parkir termasuk atap pasar tersebut akan diselesaikan tahun ini.

Anggaran APBD 2017 untuk Revitalisasi Pasar Tradisional 2017
Pasar Sleman unit 1—Rp1,69 miliar
Pasar Gentan Ngaglik—Rp6 miliar
Pasar Kalasan—-Rp5,2 miliar
Pasar Prambanan—Rp24 miliar
Pasar Tegalsari Berbah—Rp1,29 miliar

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif