K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Abc.net.au) K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Abc.net.au)
Jumat, 4 Agustus 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 4 Juli

Catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Juli, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 4 Juli. Dihimpun dari Thepeioplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Juli:

1265
Putra mahkota Inggris, Edward, berhasil mengalahkan pasukan pemberontak dari kaum Baron dalam Pertempuran Evesham di Evesham, Worcestershire, Inggris. Pertempuran tersebut adalah satu dari sekian banyak pertempuran dalam Perang Baron II dari 1264 hingga 1267.

Ilustrasi Pertempuran Alcacer Quibir. (Wikimedia.org)

Ilustrasi Pertempuran Alcacer Quibir. (Wikimedia.org)

1578
Pasukan Kesultanan Maroko pimpinan Abd Al-Malik berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Portugal yang dipimpin Sebastian I dalam Pertempuran Alcacer Quibir di Ksar-el-Kebir, Maroko. Raja Portugal Sebastian I tewas dalam pertempuran tersebut.

1791
Perang Ottoman-Habsburg yang melibatkan pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Dinasti Habsburg berakhir setelah kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Sistova di Sistova atau kini Svishtov, Belgia. Sebelumnya, perang tersebut telah berlangsung sejak 1526.

Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)

Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)

1796
Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil mengalahkan pasukan Austria pimpinan Peter Quasdanovich dalam Pertempuran Lonato di Lonato del Garda, Italia. Pasukan Austri kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan korban jiwa dari kubu Prancis hanya 2.000 orang.

1914
Sehari setelah Jerman mendeklarasikan Perang terhadap Prancis, Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Inggris beralasan ingin melindungi kenetralan Belgia dalam Perang Dunia I dari invasi yang dilakukan Jerman.

1914
Amerika Serikat (AS) menyatakan sebagai negara netral dalam Perang Dunia I. Namun kenetralan itu hanya bertahan hingga 1917 kala AS bergabung dengan Blok Sekutu.

1915
Pasukan Jerman berhasil menduduki Kota Warsawa di Polandia. Keberhasilan itu menyusul mundurnya pasukan Rusia dari Polandia.

1940
Abdurrahman Wahid lahir di Jombang, Jawa Timur, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia lantas dikenal sebagai presiden ke-4 Indonesia dengan sapaan Gus Dur. Gus Dur menjabat sebagai presiden dari 20 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001.

1995
Pasukan Kroasia memulai Operasi Badai demi meraih kemerdekaan dari Serbia. Operasi tersebut berlangsung hingga 7 Agustus di tahun yang sama dan berakhir dengan kemenangan Kroasia. Setelah pertempuran berakhir, beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Serbia berhasil direbut pasukan Kroasia.

Bill Clonton (kiri) bertemu dengan Kim Jong-il di Korea Utara, 2009. (Buzzfeed.com)

Bill Clonton (kiri) bertemu dengan Kim Jong-il di Korea Utara, 2009. (Buzzfeed.com)

2009
Dua wartawan asal Amerika Serikat (AS), Euna Lee dan Laura Ling, yang telah ditangkap dan dipenjara karena masuk secara ilegal ke Korea Utara (Korut), mendapatkan pengampunan dari pemerintah Korut. Pengampuna itu diberikan setelah mantan presiden AS Bill Clinton melakukan pertemuan dengan pemimpin Korut Kim Jong-il di Korut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Agustus

STAFF MARKETING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Perlindungan Kearifan Lokal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (2/8/2017). Esai ini karya Tundjung W. Sutirto, dosen di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan peminat tema-tema kebudayaan. Alamat e-mail penulis adalah tundjungsutirto@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Menurut UU No. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan…