Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Jumat, 4 Agustus 2017 17:39 WIB Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

8 Puskesmas di Bantul Sudah Miliki Psikolog

Tahun ini, delapan puskesmas di Kabupaten Bantul memiliki psikolog

Solopos.com, BANTUL–Tahun ini, delapan puskesmas di Kabupaten Bantul memiliki psikolog. Kedelapan puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Pundong, Puskesmas Kretek, Puskesmas Banguntapan II, Puskesmas Jetis II, Puskesmas Imogiri I, Puskesmas Dlingo, Puskesmas Srandakan dan Puskesmas Sanden.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Dinkes Bantul, Dyah Panestiutami mengatakan pelayanan jasa konsultasi psikologi di delapan puskesmas ini akan mengedepankan upaya-upaya promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif pada masalah-masalah psikologis.

Sedangkan bentuk pelayanannya terintegrasi dalam program puskemas seperti Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Kesehatan Jiwa (Keswa), Program Layanan Penyakit Kronis (Prolanis), Posyandu Balita, Posyandu Lansia (Poli Lansia) dan Bantul Bebas Pasung.

“Bentuk pelayanannya bisa pelayanan psikologi di puskesmas, pelayanan di masyarakat, asesmen dan intervensi dini,” ujarnya.

Adanya pelayanan baru ini menurutnya merupakan tindak lanjut dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang menyatakan ada sebanyak 3.875 orang yang mengalami gangguan jiwa berat di Bantul dan 5.628 orang menderita gangguan mental emosional.

Namun dari jumlah tersebut belum semua dapat tertangani secara optimal, termasuk mendapat pelayanan kesehatan jiwa di puskesmas.

Hotel Dinasty, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dilema Suporter

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (31/7/2017). Esai ini karya Suwarmin, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah suwarmin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO — Suporter adalah pemanis dalam permainan sepak bola. Tepuk tangan suporter, nyanyian mereka, gerak dan gesture mereka, bahkan lenguhan yang…