Ilustrasi lahan transmigrasi (JIBI/Antara/Dok.) Ilustrasi lahan transmigrasi (JIBI/Antara/Dok.)
Kamis, 3 Agustus 2017 20:20 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Tahun Ini, Jogja Berangkatkan 7 KK untuk Transmigrasi

Pemerintah Kota Jogja memberangkatkan tujuh kepala keluarga (KK) pada program transmigrasi tahun 2017

Solopos.com, JOGJA –-Pemerintah Kota Jogja memberangkatkan tujuh kepala keluarga (KK) pada program transmigrasi tahun 2017. Rencananya para transmigran akan diberangkatkan bulan Oktober atau November.

Ketujuh KK tersebut akan ditempatkan pada tiga daerah yang berbeda. Dengan rincian sebagai berikut: dua KK ke Parudongka, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, dua KK ke Bukit Aren, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, dan sisanya ke Keban Agung, Kabupaten Lahat,Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (KUKM Nakertrans) Kota Jogja Lucy Irawati menyebut para transmigran rencananya akan diberangkatkan pada bulan Oktober atau November 2017. Tergantung keputusan dari Pemerintah Pusat.

“Saat ini masih pelatihan,baru kemarin saya buka. Pelatihannya selama dua pekan, tapi tidak terus-terusan, ada waktu-waktu tertentu.” jelasnya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (2/8/2017).

Lucy melanjutkan pelatihan yang diberikan kepada para transmigran meliputi penguatan mental serta pelatihan ketrampilan seperti pertanian, perkebunan, perbengkelan, dan lain-lain.

Ketujuh KK tersebut nantinya akan mendapatkan tempat tinggal seluas 250 meter persegi, lahan untuk dikelola seluas 750 meter persegi dan biaya hidup selama satu tahun untuk mereka yang mendapatkan lahan kering. Sementara yang mendapatkan lahan basah mendapatkan biaya hidup pada 18 bulan pertama.

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…