Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang. (JIBI/Solopos/Antara/Jessica Helena Wuysang) Ketua Umum Partai Hanura yang juga Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang. (JIBI/Solopos/Antara/Jessica Helena Wuysang)
Kamis, 3 Agustus 2017 23:02 WIB John Oktaveri/JIBI/Bisnis Politik Share :

Politikus Lintas Parpol Diklaim segera Membelot ke Hanura

Sejumlah politikus dari berbagai parpol diklaim segera membelot ke Hanura.

Solopos.com, JAKARTA — Sekjen Partai Hanura Sarifuddin Sudding mengatakan sedikitnya ada 12 anggota DPR dari beberapa partai politik akan menyeberang ke partainya. Dia mengklaim keputusan para politikus itu karena ada cita-cita politik yang tersumbat di partai mereka masing-masing.

Menurutnya mereka yang akan bergabung itu telah menghubunginya dan menyatakan ingin bergabung dengan Hanura. Kendati demikian, mereka belum sampai kepada proses pendaftaran calon anggota legislatif Partai Hanura.

“Mereka baru pada tahap rencana pindah. Saat pendaftaran caleg Hanura, dua belas orang tersebut akan mengambil sikap apakah jadi bergabung dengan Hanura atau tidak,” ujarnya, Kamis (3/8/2017).

Sudding menegaskan bahwa pindah partai merupakan hak dan pihaknya tidak dalam posisi untuk meminta yang bersangkutan bergabung ke Hanura. Anggota Komisi III DPR itu mengungkapkan di antara alasan keinginan mereka pindah ke Hanura adalah karena cita-cita politik yang tersumbat pada partai mereka saat ini.

Untuk itu, kata Sudding, mereka mencari partai politik yang lebih nyaman dalam menyalurkan aspirasi. “Lalu misalnya yang bersangkutan bergabung, kami tidak punya kemampuan menutup pintu pada warga negara yang akan menyampaikan aspirasi politiknya dengan Partai Hanura,” kata Sarifuddin.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Hanura Benny Ramdhani juga mengatakan kekuatan partainya akan bertambah karena ada beberapa anggota DPR dari partai lain yang telah menyatakan berminat bergabung dengan Hanura pada Pemilu 2019.

“Ada anggota DPR aktif dari parpol lain yang sudah menyatakan akan bergabung ke Hanura,” kata dia tanpa mau mengungkapkan nama mereka.

Sejauh ini Hanura termasuk partai yang banyak menerima kader dari partai lain termasuk tokoh Partai Demokrat Gde Pasek Suardika dan Mirwan Amir selain sejumlah anggota DPD seperti Benny Ramdhani dan Andri Garu.

NASMOCO SOLOBARU, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Sejarah ”Pahitnya” Garam Nusantara

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (1/8/2017). Esai ini karya M. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Gonjang-ganjing garam dalam beberapa pekan terakhir masih terasa. Pepatah ”bagai…