Jateng
Kamis, 3 Agustus 2017 - 08:50 WIB

PILKADA 2018 : Gerindra Belum Kerucutkan Calon untuk Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon. (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada atau lebih tepat Pilgub Jateng 2018 dibidik Partai Gerindra untuk meraih kemenangan.

Semarangpos.com, JAKARTA — Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akan fokus memenangi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di tiga daerah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Namun, berbeda dengan Jabar dan Jatim, untuk Jateng partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut belum mengerucutkan sikap ke calon tertentu.

Advertisement

Ketiga daerah tersebut, menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, adalah basis suara Partai Gerindra sehingga wajar jika perhatian partainya diarahkan ke ketiga wilayah itu. “Kami tentu bekerja keras di semua provinsi, namun di beberapa daerah yang merupakan basis suara, kami bekerja keras termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” papar Fadli di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Dia mengatakan sebenarnya Partai Gerindra menargetkan menang sebanyak-banyaknya dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada 2018. Namun Fadli enggan menjelaskan pemetaan partainya terkait Pilkada 2018 karena kondisi politik dinamis sehingga Gerindra masih menunggu perkembangannya.

“Apalagi menjelang Pemilu 2019, jadi saya kira tahun politik datang lebih awal termasuk dari sekarang. Karena banyak yang ingin menyelesaikan persoalan pilkada dari sekarang,” ujarnya.

Advertisement

Wakil Ketua DPR itu menjelaskan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, Partai Gerindra masih menjajaki dan melihat konfigurasi politik kekinian sehingga kemungkinan bulan depan baru diambil keputusan. Fadli mengatakan Gerindra harus berbicara dengan beberapa parpol yang sudah menjalin komunikasi seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat untuk menyamakan persepsi.

“Kami akan mengerucutkan calon-calon yang sudah berkomunikasi dengan Gerindra. Calon yang sudah komunikasi cukup intensif adalah Pak Deddy Mizwar,” katanya.

Untuk Pilkada Jawa Timur menurut dia, Khofifah Indar Parawansa merupakan salah satu calon yang direkomendasikan DPD Partai Gerindra Jawa Timur. Namun menurut dia hal itu belum diputuskan karena pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 masih terlalu lama sehingga melihat konfigurasi politik dahulu.

Advertisement

Sementara itu, untuk Pilgub Jateng 2018, dia mengakui Partai Gerindra belum mengerucutkan dukungan terhadap salah satu calon.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif