Jogja
Kamis, 3 Agustus 2017 - 15:55 WIB

PERIKANAN GUNUNGKIDUL : Stok Ikan Melimpah, Harga Tetap Stabil

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua nelayan sedang mengangkat hasil tangkapan ikan yang ada di TPI Pelabuhan Sadeng. Rabu (2/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Perikanan Gunungkidul tengah mengalami peningkatan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Nelayan di Perairan Sadeng, Desa Songbanyu, Girisubo dapat tersenyum lebar. Sejak satu bulan yang lalu, hasil tangkapan nelayan melimpah ruah.

Advertisement

Baca Juga : PERIKANAN GUNUNGKIDUL : Sebulan Terakhir, Nelayan Sadeng Panen Ikan
Menurut Ketua Kelompok Nelayan Sadeng Sarpan, saat ini merupakan masa yang baik menangkap ikan. Meski penangkapan sering terganggu cuaca yang kurang baik, hal itu tidak menyurutkan niat nelayan untuk melaut.

“Kadang masih ada gelombang tinggi, tapi itu bukan halangan karena ikan yang diperoleh dapat memberikan keuntungan. Harapan kami selama melaut semua berjalan dengan baik sehingga tidak ada masalah saat melakukan penangkapan,” ujarnya, Selasa (2/8/2017)

Hal senada diungapkan oleh Petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Sadeng, Paeto. Menurut dia, saat sekarang merupakan musim yang baik untuk menangkap ikan. Hal itu terlihat dari hasil tangkapan yang diperoleh sangat melimpah ruah.“Tangkapan yang bagus ini juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas di TPI,” kata Paeto.

Advertisement

Menurut dia, nasib baik yang dialami nelayan tidak hanya terjadi pada hasil tangkapan ikan. Namun juga terjadi pada harga komoditas ikan yang tetap stabil meski stoknya melimpah di pasaran. “Biasanya kalau sedang harganya hanya di kisaran Rp6.000 hingga Rp7.000 per kilo, tapi untuk sekarang harganya masih stabil di kisaran Rp10.000 per kilogram,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif