Dua nelayan sedang mengangkat hasil tangkapan ikan yang ada di TPI Pelabuhan Sadeng. Rabu (2/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja) Dua nelayan sedang mengangkat hasil tangkapan ikan yang ada di TPI Pelabuhan Sadeng. Rabu (2/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 3 Agustus 2017 01:22 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

PERIKANAN GUNUNGKIDUL
Sebulan Terakhir, Nelayan Sadeng Panen Ikan

Perikanan Gunungkidul tengah mengalami peningkatan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Nelayan di Perairan Sadeng, Desa Songbanyu, Girisubo dapat tersenyum lebar. Sejak satu bulan yang lalu, hasil tangkapan nelayan melimpah ruah.

Ketua Kelompok Nelayan Sadeng Sarpan membenarkan jika saat sekarang musim sedang memihak kepada nelayan. Hal ini terlihat dari jumlah tangkap yang diperolah saat melaut.

Menurut dia, hasil tangkapan yang didapatkan mengalami peningkatan yang luar biasa, jika dibandingkan dengan tangkapan di bulan-bulan sebelumnya.

“Untuk saat ini, cuaca di laut sedang baik dan hasil tangkapan yang diperoleh juga melimpah,” katanya kepada wartawan, Rabu (2/8/2017).

Sarpan mencontohkan, untuk kapal inkamina dengan ukuran 30 GT, sekali melaut selama empat hari dapat memeroleh hasil tangkapan ikan mencapai 13 ton. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan, bila dibandingkan dengan pada saat musim normal yang tangkapannya hanya di kisaran 5-7 ton.

“Kondisi ini sudah berlangsung sejak satu bulan lalu. Untuk ikan yang ditangkap bervariasi mulai dari tongkol, cakalang, tuna hingga kakap,” ujar dia.

PT BPR RESTU KLATEN MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Kepada H.B. Jassin

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (31/7/2017). Esai ini karya Hanputro Widyono, editor buku Jassin yang Kemarin (2017) dan  berstatus mahasiswa di Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah hanputrowidyono@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Jassin…