Jogja
Kamis, 3 Agustus 2017 - 01:22 WIB

PERIKANAN GUNUNGKIDUL : Sebulan Terakhir, Nelayan Sadeng Panen Ikan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua nelayan sedang mengangkat hasil tangkapan ikan yang ada di TPI Pelabuhan Sadeng. Rabu (2/8/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Perikanan Gunungkidul tengah mengalami peningkatan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Nelayan di Perairan Sadeng, Desa Songbanyu, Girisubo dapat tersenyum lebar. Sejak satu bulan yang lalu, hasil tangkapan nelayan melimpah ruah.

Advertisement

Ketua Kelompok Nelayan Sadeng Sarpan membenarkan jika saat sekarang musim sedang memihak kepada nelayan. Hal ini terlihat dari jumlah tangkap yang diperolah saat melaut.

Menurut dia, hasil tangkapan yang didapatkan mengalami peningkatan yang luar biasa, jika dibandingkan dengan tangkapan di bulan-bulan sebelumnya.

“Untuk saat ini, cuaca di laut sedang baik dan hasil tangkapan yang diperoleh juga melimpah,” katanya kepada wartawan, Rabu (2/8/2017).

Advertisement

Sarpan mencontohkan, untuk kapal inkamina dengan ukuran 30 GT, sekali melaut selama empat hari dapat memeroleh hasil tangkapan ikan mencapai 13 ton. Jumlah ini mengalami peningkatan signifikan, bila dibandingkan dengan pada saat musim normal yang tangkapannya hanya di kisaran 5-7 ton.

“Kondisi ini sudah berlangsung sejak satu bulan lalu. Untuk ikan yang ditangkap bervariasi mulai dari tongkol, cakalang, tuna hingga kakap,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif