Ilustrasi sepak bola. (JIBI/Harian Jogja/Dok.) Ilustrasi sepak bola. (JIBI/Harian Jogja/Dok.)
Kamis, 3 Agustus 2017 16:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Liga Santri Nusantara 2017 Digelar di 3 Daerah

Liga Santri Nusantara 2017 digelar Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) di tiga daerah.

Solopos.com, SEMARANG — Liga Santri Nusantara (LSN) Regional I Jawa Tengah akan digelar 3-5 Seotember 2017 di Kabupaten Kendal, Jepara, dan Blora. “Tahun ini kami menargetkan 32 peserta dari pondok pesantren di bawah Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU),” kata Koordinator Regional I Jawa Tengah Fahsin di Semarang, Rabu (2/8/2017).

Region I Jateng terdiri dari Kabupaten Kendal, Kota dan Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Jepara, Kudus, Grobogan, Pati, Blora, serta Rembang. Ia menyebutkan, pendaftaran peserta LSN Regional I Jateng dibuka sejak 25 Juli 2017 hingga 25 Agustus 2017.

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada 50 persen calon peserta yang mendaftar dari berbagai pondok pesantren. Ia menjelaskan ajang bergengsi LSN 2017 ini merupakan bagian dari pembinaan usia muda.

“Pondok pesantren memiliki potensi besar dalam bidang sepak bola, namun pembinaannya belum dioptimalkan,” ujar pria yang juga pengasuh Pondok Pesantren Kyai Gading Kabupaten Demak. Ia mengharapkan dengan adanya LSN 2017, banyak santri yang berbakat di bidang olahraga memiliki kesempatan menjadi bagian dari Tim Nasional Garuda Muda.

Panitia Pelaksana LSN Region I Jateng Sholahuddin menambahkan, persyaratan pemain untuk liga kali ini kelahiran tahun 2000 keatas. Satu tim terdiri dari satu pondok pesantren atau gabungan beberapa pesantren dalam satu daerah.

“Untuk menjelaskan bahwa pemain itu berasal dari santri harus mendapatkan rekomendasi dari RMI NU setempat, kalau tidak ada kepengurusan RMI maka bisa menggunakan rekomendasi Pengurus Cabang NU setempat,” katanya.

Liga Santri Nusantara memasuki penyelenggaraan tahun ketiga dan tahun ini pendaftaran menggunakan sistem online. Panitia penyelenggara bekerja sama dengan eyesoccer.id untuk melakukan pendaftaran online.

“Keuntungannya pemain yang sudah dientri namanya ke sistem eyesoccer.id nanti secara otomatis menjadi database pemain muda yang juga nantinya bisa diakses oleh PSSI dan Badan Tim Nasional. Besar kemungkinan jika ada pemain dari liga santri yang bagus dan sesuai yang dicari dalam formasi timnas maka bisa dipanggil ikut seleksi,” ujarnya.

Kesekretariatan Liga Santri Nusantara Regional 1 Jateng, lanjut dia, di Kantor PW RMI NU Jateng Jl. Prof. Hamka Perum BPI No.6 Ngalian Semarang, sedangkan untuk pendaftaran bisa menghubungi nomor 085726592224.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

CV. HARAPAN MULIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Sejarah ”Pahitnya” Garam Nusantara

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (1/8/2017). Esai ini karya M. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Gonjang-ganjing garam dalam beberapa pekan terakhir masih terasa. Pepatah ”bagai…