Jateng
Kamis, 3 Agustus 2017 - 23:50 WIB

KORUPSI BREBES : Bantuan Bibit Bawang Diduga Dikorupsi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja membersihkan bawang merah di lapak bawang merah Desa Padasugih, Brebes, Jawa Tengah, Senin (28/12/2015).(JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Korupsi di Brebes diduga Polda Jateng terjadi pada bantuan bibit bawang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Polda Jawa Tengah menyelidiki dugaan korupsi bantuan bibit bawang senilai Rp5,4 miliar yang dialokasikan Kementerian Pertanian ke Kabupaten Brebes.

Advertisement

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari mengatakan anggaran pengadaan bibit bawang sebanyak itu bersumber dari APBN 2016. “Ada dugaan penyimpangan dalam penyaluran bibit bawang itu,” katanya di Semarang, Selasa (2/8/2017).

Menurut dia, dalam pelaksanaannya pengadaan bibit bawang dilakukan oleh CV Jasmine untuk dua kecamatan, masing-masing Kecamatan Brebes dan Kecamatan Wanasari. Namun, lanjut dia, dalam pelaksanaannya bantuan yang diberikan bukan berupa bibit, namun langsung disalurkan berupa uang tunai.

Nilai total bantuan yang disalurkan oleh CV Jasmine ke dua kecamatan itu mencapai Rp1,2 miliar. Dalam penyelidikan perkara ini, polisi telah meminta keterangan sekitar 28 saksi. Para saksi yang diperiksa tersebut antara lain Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Brebes, termasuk para petani penerima batuan dari kedua kecamatan tersebut.

Advertisement

Hingga saat ini, polisi belum menetapkan tersangka dalam penanganan perkara dugaan korupsi bibit bawang di Brebes itu. Polisi juga masih menunggu hasil perhitungan besar kerugian negara yang terjadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif