Menkominfo Rudiantara. (JIBI/Antara) Menkominfo Rudiantara. (JIBI/Antara)
Kamis, 3 Agustus 2017 12:10 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Internet Share :

Giliran Twitter dan Google Bertemu Kemenkominfo

Twitter dan Google dijadwalkan bertemu dengan Kemenkominfo membahas sejumlah kesepakatan.

Solopos.com, JAKARTA – Setelah kedatangan bos Telegram, Pavel Durov, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dijadwalkan bertemu dengan pihak Twitter dan Google. Kedatangan dua media sosial ternama ini menyusul pemanggilan yang sebelumnya telah direspons Facebook.

Kedua perusahaan dikonfirmasi oleh Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan bakal bertemu dengan pihak Kominfo pada Kamis dan Jumat. Namun sayangnya, ia tak secara pasti menyebut siapa yang lebih dahulu akan menghadap Menteri Kominfo.

“Iya mulai besok, Kamis dan Jumat. Tapi belum tahu siapa yang akan (bertemu) hari Kamis, siapa yang hari Jumat,” ucap pria yang akrab disapa Semmy tersebut melalui sambungan telefon, Rabu (2/7/2017).

Sementara saat ditanya mengenai pokok pembahasan yang akan dibicarakan oleh pihak Twitter/Google dengan Kominfo, ia belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut.

“Masih belum tahu apakah nanti masih soal (pemberantasan) konten negatif atau bukan, atau ada bahasan lain,” sambung Semmy.

Sedangkan menurut Plt Biro Humas Kominfo, Noor Iza, ia memperkirakan pertemuan Twitter/Google masih seputar pembahasan penanganan konten negatif dan peningkatan pelayanan (service level agreement) soal pemahaman konten yang dilarang.

Menurut Noor Iza baik Twitter dan Google masih memiliki ‘pekerjaan rumah’ soal penanganan konten SARA/kebencian, radikalisme/terorisme serta berita palsu atau hoax yang mengalami peningkatan di awal 2017 ini (Januari-Mei).

Konten negatif tersebut bahkan melampaui jumlah laporan konten berbau pornografi yang bisanya banyak dilaporkan kepada Kominfo.

Namun saat ditanya jadwal pertemuan Kominfo dengan Twitter atau Google hari ini, ia juga masih belum bisa memastikan pertemuan tersebut.

“Iya betul. Semuanya [pemain OTT] diundang. Cuma belum tahu apakah Kamis atau Jumat, yang pasti minggu Ini,” katanya saat dihubungi secara terpisah.

Kami Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Sejarah ”Pahitnya” Garam Nusantara

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (1/8/2017). Esai ini karya M. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Gonjang-ganjing garam dalam beberapa pekan terakhir masih terasa. Pepatah ”bagai…