Neymar (JIBI/REUTERS/Mike Segar) Neymar (JIBI/REUTERS/Mike Segar)
Kamis, 3 Agustus 2017 13:45 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Spanyol Share :

Begini Time Line Saga Transfer Neymar Menuju PSG

Neymar hengkang ke Paris Saint Germain.

Solopos.com, BARCELONA – Saga transfer Neymar sebagai pemain termahal di dunia sepertinya segera terwujud. Barcelona akhirnya memberi lampu hijau kepada Neymar untuk keluar dari Camp Nou asalkan ada yang membayar klausul pelepasan sang pemain yang bernilai 222 juta euro (Rp3,4 triliun).

Berikut time line isu transfer Neymar yang mirip seperti “drama telenovela” ini.

9 Juli 2017

Neymar masih tampak antusias untuk mempersiapkan musim baru 2017/2018 bersama Barcelona.

17 Juli 2017

Media Spanyol, AS, melaporkan PSG siap membayar klausul penebusan Neymar yang mencapai 222 juta euro, yang bernilai lebih banyak dua kali kali lipat dari rekor transfer dunia sebelumnya. Diario Sport mengatakan Neymar ingin pindah lantaran tidak nyaman selalunmenjadi bayang-bayang Lionel Messi di Barcelona.

18 Juli 2017

Jurnalis Brasil, Marcelo Bechler, melaporkan Neymar menerima tawaran untuk bergabung ke PSG.

19 Juli 2017

Seorang sumber mengatakan kepada koresponden ESPN FC, Jonathan Johnson, bahwa Neymar belum sepakat dengan PSG, namun dia tetap mengadakan pembicaraan serius untuk menindaklanjuti rencana itu.

20 Juli 2017

Sumber dari orang dekat Catalan mengatakan kepada ESPN Deportes bahwa Barcelona bereaksi mengenai spekulasi transfer Neymar. Barca mengatakan keputusan transfer tergantung pada sang pemain dan ayahnya (Neymar Sr.) selaku agen Neymar.  Namun Presiden Barcelona, Josep Bartomeu, mengatakan Neymar tidak akan dijual.

21 Juli 2017

Rekan setim Neymar, Javier Mascherano, mengaku yakin Neymar tetap akan mengenakan kostum Barcelona musim depan. Gelandang Barcelona, Sergio Busquets, juga menegaskan peran penting Neymar di Barcelona.

22 Juli 2017

Sumber dari orang dekat PSG mengatakan kepada ESPN FC, bahawa Neymar memberi tahu PSG dia ingin pergi ke Parc des Princes dan menyetujui tawaran kontrak.

23 July 2017

Neymar mencetak dua gol brilian saat membawa Barcelona menang 2-1 atas Juventus pada turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) di Amerika Serikat. Seusai laga, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengatakan harapan besar agar Neymar bertahan di Barcelona.

24 Juli 2017

Bek Barcelona, Gerard Pique, mengunggah fotonya bersama Neymar di akun media sosial Twitter sambil memberi keterangan “Se queda,”  alias “dia bertahan”. Namun Pique kemudian memberi penjelasan pernyataan tersebut merupakan keinginan pribadinya. Pique berharap Neymar menyelesaikan kontraknya yang berakhir 2021 dan meminta sang pemain menolak tawaran PSG.

26 Juli 2017

Dalam latihan persiapan melawan Manchester United di ICC, Neymar didampingi ayahnya yang juga agennya. Dia tampak banyak berdiskusi dengan sang ayah.

27 Juli 2017

ESPN melaporkan Neymar tidak akan terbang kembali ke Barcelona dengan Lionel Messi dkk. setelah laga melawan Real Madrid di AS. Itu karena Neymar akan pergi ke Tiongkok untuk urusan iklan pribadinya dengan Nike.

29 Juli 2017

Neymar mencetak dua assist saat Barcelona menundukkan musuh abadi mereka, Madrid, pada el clasico di AS.  PSG percaya diri bisa mendatangkan Neymar musim panas ini.

30 Juli 2017

Seusai el clasico, Valverde kembali menegaskan keinginannya agar Neymar bertahan. Sementara Barcelona yakin PSG akan terhalang Financial Fair Play (FFP) UEFA jika membayar klausul penebusan Neymar hingga 222 juta euro.

31 Juli-1 Agustus

Neymar terbang ke Tiongkok untuk promosi iklan, kemudian dia singgah di Dubai, sebelum kembali ke Spanyol. Neymar disebut-sebut akan melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya di Brasil sebelum terbang Qatar atau Paris, markas PSG.

2 Agustus 2017

Barcelona memberi keterangan resmi Neymar ingin meninggalkan klub. Barcelona hanya akan melepas Neymar sesuai dengan perjanjian klausul pelepasannya (222 juta euro).

Sumber: ESPN FC.

Hotel Dinasty, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Sejarah ”Pahitnya” Garam Nusantara

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (1/8/2017). Esai ini karya M. Fajar Shodiq, dosen Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Gonjang-ganjing garam dalam beberapa pekan terakhir masih terasa. Pepatah ”bagai…