Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (Reuters / Scott Heppell)
Rabu, 2 Agustus 2017 00:30 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Inggris Share :

Matic Akan Bikin Pogba Lebih Menyerang

Nemanja Matic resmi bergabung dengan Manchester United.

Solopos.com, MANCHESTER — Impian Nemanja Matic untuk bereuni dengan Pelatih Jose Mourinho di Manchester United akhirnya kesampaian. Gelandang asal Serbia tersebut resmi diperkenalkan sebagai pemain United, Senin (31/7/2017) waktu setempat.

Matic didatangkan dari Chelsea dengan harga 40 juta euro (Rp705 miliar). Pemain berusia 28 tahun tersebut akan mendapat gaji 140.000 poundsterling (Rp2,4 miliar) per pekan. Matic akan kembali dilatih Mourinho yang pernah menjadi bosnya di Stamford Bridge, markas Chelsea.

Julukan “Mourinho Man” mulai identik dengan Matic. Dia dianggap sebagai pemain yang loyal kepada pelatih asal Portugal tersebut ke United setelah dipecat Chelsea pada Desember 2015.  “Saya senang bergabung dengan Manchester United. Untuk bisa bekerja dengan Jose Mourinho sekali lagi, itu sebuah kesempatan yang tidak bisa saya tolak,” jelas Matic seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (1/8/2017).

Mourinho menyambut mantan anak buahnya itu dengan penuh antusias di Old Trafford, markas United. “Nemanja adalah pemain Manchester United dan pemain milik Jose Mourinho. Dia mempresentasikan segalanya sebagai pesepak bola yang kami inginkan: loyalitas, konsistensi, ambisi, dan pemain tim,” jelas pelatih berjuluk The Special One itu.

Pemilik nomor jersey 31 yang baru di MU tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkuat lini tengah Setan Merah. Mourinho bisa jadi telah menyiapkan peran khusus bagi Matic, terutama untuk membantu pertahanan tim.

Pada musim lalu, Mourinho acap kali menggunakan pakem 4-2-3-1 dengan memasang Paul Pogba dan Ander Herrera sebagai double pivot di depan barisan bek. Namun, masuknya Matic dalam skuat Mourinho bisa mengubah peran Pogba musim depan.

Matic yang memiliki skill dan kedisiplinan sebagai gelandang bertahan bisa diduetkan dengan Herrera untuk mengkaver para bek United. Itu berarti Pogba yang masih tercatat sebagai pemain termahal di dunia tersebut bisa tampil lebih tampil ofensif karena tidak lagi terbebani tugas membantu pertahanan.

Mantan bek United sekaligus pundit Sky Sports, Garry Neville, menilai Matic merupakan tipe pemain yang dibutuhkan Setan Merah untuk mengarungi musim depan. “United butuh gelandang jangkar. Morgan Schneiderlin dibiarkan pergi awal tahun ini, Bastian Schweinsteiger tidak bermain satu laga pun. Butuh pengganti di sana dan saya pikir Matic pembelian yang tepat,” jelas Neville.

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…