Dream Theater (dreamtheater.wikia.com) Dream Theater (dreamtheater.wikia.com)

KONSER MUSIK
Konser Dream Theater Diharapkan Punya Efek Domino

Konser musik Dream Theater akan digelar di Jogja.

Solopos.com, JOGJA — Dream Theater dijadwalkan akan tampil di Jogja pada akhir September nanti. Promotor menargetkan kedatangan penggemar musik ini dari berbagai penjuru Indonesia hingga negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Berikut laporan wartawan Harian Jogja Sekar Langit Nariswari & I Ketut Sawitra Mustika.

Baca Juga : KONSER MUSIK : Siap-Siap! Akhir September Nanti, Dream Theater Konser di Jogja

Mendatangkan Dream Theater ke Jogja tak terlalu sukar. Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Production yang menjadi promotor konser bertajuk Images, Words, & Beyond itu mengatakan pembicaraan untuk menggelar pertunjukkan itu dimulai sekitar tiga bulan lalu. Diskusi dengan manajemen Dream Theater berjalan lancar, cepat, dan tanpa kendala berarti.

Promotor sempat berencana memanggungkan Dream Theater di kawasan Candi Prambanan, Sleman. “Pasti kan eksotis sekali, sayangnya tidak diizinkan pihak-pihak terkait,” ujar dia kepada Solopos.com, Selasa (1/8/2017).

Izin tak keluar karena musik metal yang diusung grup ini dianggap tidak selaras dengan ruh kawasan peninggalan masa Hindu-Budha yang lembut. Jazz lebih cocok di Candi Prambanan sebagaimana pentas musik yang sudah sering dimainkan di sana.

“Akhirnya tempat konser kami pindah ke Stadion Kridosono,” kata dia.

Promotor menyediakan 15.000 lembar tiket. Namun, bukan tak mungkin karcis akan dicetak sampai 30.000 mengingat popularitas Dream Theater sangat tinggi.

Meski Jogja jarang menjadi lokasi pertunjukkan musik kelas dunia, menurut Anas tak ada kesulitan menjelaskan Jogja kepada kelompok musik itu.

“Kami jelaskan jaraknya satu jam penerbangan dari Jakarta, tidak ada masalah, Jogja memadai,” kata dia.

Promotor mengincar penonton dari berbagai kota di Indonesia dan warga negeri jiran yang tak disinggahi Dream Theater, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Dia mengharapkan kedatangan Dream Theater akan menimbulkan efek domino berupa kedatangan berbagai musisi dunia lainnya. Kelak, opsi pentas di Indonesia bakal lebih banyak dan tak sebatas di Jakarta.

Sebelum didatangi Dream Theater, DIY sudah beberapa kali kedatangan band kondang kelas dunia macam Air Supply dan Hellowen.

Duo Graham Russell dan Russell Hitchcock yang tergabung dalam band soft rock Air Supply asal Melbourne, Australia, pernah tampil di Ballroom Hotel Tentrem, pada 11 Maret 2015.

Sehari sebelum pentas di Jogja, Air Supply manggung di Malang. Dua penampilan itu merupakan rangkaian tur Air Supply 40th Anniversary.

Band lain yang pernah manggung di DIY adalah grup power metal asal Hamburg, Jerman, yakni Hellowen. Konser dilangsungkan di Lapangan Parkir Stadion Maguwoharjo pada 24 Oktober 2015.

Tur dengan title The God-Given Right World Tour 2015 adalah rangakaian promosi album ke-16 Hellowen.

Ovie Ermawati, media promotion konser Dream Theater mengatakan tiket bisa dibeli secara online melalui berbagai situs. Tiket presale akan dijual secara manual hanya pada 3 Agustus di Legend Coffee, Kotabaru. Tiket kelas festival A dibanderol dengan harga Rp750.000 sementara festival B seharga Rp350.000. Nominal ini relatif lebih miring dibandingkan dengan tarif tiket reguler yakni Rp900.000 dan Rp450.000.

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…