Entertainment
Rabu, 2 Agustus 2017 - 20:10 WIB

Dituding Jiplak Lagu India, Ini Penjelasan Pencipta Single Terbaru Ayu Ting Ting

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penjelasan Fauzi Bima tentang lagu terbaru Ayu Ting Ting (Facebook Fauzi Bima)

Inilah penjelasan pencipta single terbaru Ayu Ting Ting yang dituding menjiplak lagu India.

Solopos.com, SOLO – Pendangdut Ayu Ting Ting baru saja merilis video klip lagu terbarunya, Kamu Kamu Kamu, di Youtube, Senin (31/7/2017). Ayu yang berani tampil beda membuat video klip tersebut mendapat banyak pujian. Sayangnya, pujian itu mendadak berubah menjadi cibiran lantaran single itu dianggap menjiplak lagu India.

Advertisement

Lagu ciptaan Fauzi Bima yang menceritakan pria manja itu dituding meniru Made In India yang dipopulerkan Alisha Chinai. Bagian yang dituding mirip memang tak berdurasi panjang. Namun, bagian tengah lagu Kamu Kamu Kamu sekilas terdengar mirip dengan Made In India yang dirilis pada 1995 lalu.

Menanggpi hal itu, sang pencipta lagu, Fauzi Bima, angkat bicara. Lewat akun Facebook pribadinya, Fauzi Bima, ia menegaskan lagu itu merupakan ciptaannya sendiri. “Lagu itu saya sendiri yang ciptakan. Untuk diketahui oleh teman-teman medsos, saya mengklarifikasi terkait lagu Kamu Kamu Kamu yang dibawakan Ayu Ting Ting itu hasil karya saya, tidak menjiplak atau mengambil syair lagu manapun,” tulisnya, Rabu (2/8/2017).

Fauzi yang sudah lama berkecimpung di dunia musik mengaku tidak pernah menjiplak karya orang lain. Ia sudah menciptakan puluhan lagu dengan kreativitasnya. “Saya dari dulu, jangankan lagu yang berbahasa nasional. Lagu daerah yang saya ciptakan tidak pernah mengambil lagu orang lain. Dengan predikat pencipta yang sudah saya raih tidak mungkin saya kotori dengan melakukan hal seperti itu. Kalau masalah lagu, sudah puluhan lagu nasional saya bikin. Boro-boro saya mengambil hak cipta orang lain. Untuk apa?” tandasnya.

Advertisement

Isu kemiripan lagu tersebut ramai dibahas seusai diunggah akun Instagram gosip, @lambe_turah, Selasa (1/8/2017). Lewat unggahan itu, @lambe_turah membandingkan kedua video klip tersebut. Alhasil, tak kurang dari 8.000 komentar membanjir pada unggahan tersebut. Meski banyak yang sependapat, tak sedikit pula yang menyatakan ketidaksetujuan.

Single terbaru Ayu Ting Ting dituding jiplak lagu India (Instagram @lambe_turah)

“Oh ini lagu yang katanya plagiat lagu India. Duh mbak @ayutingting92 jangan suka plagiat dong yang kreatif ah,” tulis @ntichayono.

Advertisement

“Ini ternyata lagu yang katanya mirip sama India. Selamat ya bisa sama gitu. Besok lagi kalau bikin lagu yang kreatif dong,” sambung @lailiff.

“Kira-kira ada berapa juta lagu di dunia sedangkan not hanya do re mi fa sol la si do. Plagiat itu harus memenuhi unsur yang berlaku. Jangan mengadili orang. Indonesia punya hukum sendiri,” komentar @queen.indaah.

Min, jangan mencari kesalahanlah. Semakin di-giniin bukannya menjatuhkan malah bikin lagu lebih tenar. Nanti semakin banyak jobnya. Jadi admin pinter dikit,” imbuh @agnezmo.story.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif