(Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos) Museum Keris Solo (JIBI/Solopos/Dok.)
Selasa, 1 Agustus 2017 16:15 WIB Indah Septyaning W./JIBI/Solopos Solo Share :

WISATA SOLO
Museum Keris akan Diresmikan Jokowi pada 25 Agustus 2017

Wisata Solo, Museum Keris diharapkan segera diresmikan.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Museum Keris di Jl. Bhayangkara Laweyan Solo pada 25 Agustus mendatang. Perbaikan museum itu terus dikebut menjelang peresmian.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Harry Widianto mengatakan perbaikan Museum Keris kini sudah dalam tahap finalisasi pengerjaan.

Ada dua pekerjaan yakni meliputi fisik bangunan dan penataan museum. Fisik bangunan ini seperti perbaikan di setiap lantai bangunan museum, kebocoran lift, serta cat tembok mengelupas dan menjamur.

“Jadi perlu perbaikan dulu sebelum museum diresmikan. Sekarang sedang kita kebut terus. Kami rencanakan Museum Keris bisa diresmikan 25 Agustus nanti,” kata dia ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Selasa (1/8/2017).

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo Sis Ismiyati mengatakan rencananya Museum Keris diresmikan Presiden bersamaan dengan agenda pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Revolusi Mental di Solo pada 25-27 Agustus 2017 nanti. Jamnas akan diikuti seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia dan dibuka langsung Jokowi.

“Jadi kita rencanakan akan digabungkan dengan agenda itu. Kita rencanakan sih tanggal 25 Agustus untuk peresmian Museum Keris,” katanya. Selain perbaikan, dia mengatakan Pemkot tengah mengebut penataan koleksi museum dengan melibatkan tim kurator, serta pemerhati museum. Sesuai hasil inventarisasi terakhir, masih ada kekurangan 31 koleksi keris yang akan pamerkan.

Guna memenuhi koleksi tersebut, Pemkot berencana meminjam keris dari para kolektor untuk dipamerkan. Merujuk data secara keseluruhan jumlah keris hibah dari para kolektor tercatat ada 360-an.

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…