Ilustrasi mahasiswa (Pictagram) Ilustrasi mahasiswa (Pictagram)
Selasa, 1 Agustus 2017 11:31 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Fokus Share :

TIPS PENDIDIKAN
3 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Kuliah

Tips pendidikan kali ini tentang tiga hal yang wajib dipersiapkan sebelum kuliah.

Solopos.com, SOLO – Kebutuhan akan pendidikan di zaman modern ini tentu semakin meningkat. Lihat saja, saat ini banyak pelajar lulusan SMA yang meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah daripada bekerja.

Sudah jadi rahasia umum, seseorang yang berstatus sebagai mahasiswa memiliki kedudukan yang cukup tinggi di masyarakat. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan para orang tua membiayai kuliah anak mereka. Tapi, dunia perkuliahan nyatanya tidak seindah yang ada dalam bayangan.

Ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Jangan sampai Anda hanya sekadar duduk dan mendengarkan ceramah dosen di kelas dan keluar tanpa mendapat ilmu apapun. Lantas, apa sajakah yang harus dipersiapkan sebelum kuliah? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Huffintonpost, Sabtu (29/7/2017) berikut ini:

Persiapkan mental

Mental menjadi hal penting yang harus dipersiapkan seseorang sebelum memutuskan melanjutkan kuliah. Sebab, pembelajaran di kampus tentu sangat berbeda dengan di sekolah. Di kampus, Anda dianggap sebagai orang dewasa yang sudah bisa menentukan tujuan hidup secara mandiri. Hal itulah yang membuat beberapa mahasiswa akhirnya terlambat lulus. Anda tentu tidak mau terlambat lulus dan membuang banyak biaya untuk kuliah bukan?

Pilih kampus dan jurusan yang tepat

Setelah mempersiapkan mental, saatnya menentukan kampus dan jurusan yang tepat. Jangan sampai Anda kuliah hanya secara terpaksa gara-gara tak diterima di jurusan yang diinginkan. Sebab, ilmu yang dipelajari di bangku kuliah tentu sangat penting bagi karier Anda di masa depan.

Persiapkan biaya

Terakhir adalah mempersiapkan biaya. Anda harus menghitung biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar di kampus impian. Bukan rahasia umum lagi jika biaya kuliah tiap tahun selalu meningkat. Tak jarang Anda harus mengeluarkan biaya sampai puluhan juta demi menjadi mahasiswa di kampus favorit.

Jika berasal dari keluarga kaya atau memiliki banyak tabungan tentu biaya tak jadi masalah. Tapi, bagi kalangan menengah tentu biaya kuliah yang mahal itu amat memberatkan. Tapi, jangan sampai biaya menjadi penghalang bagi masa depan. Di zaman serba modern ini Anda bisa mendapatkan uang untuk membayar kuliah dengan mencari pinjaman uang online.

Anda bisa mendapat pinjaman dana tunai dengan cepat dan mudah lewat situs Cekaja.com. Salah satu jenis kredit yang ditawarkan adalah dengan agunan. Kredit jenis ini memungkinkan Anda mendapat pinjaman uang dengan menjaminkan sebuah aset milik pribadi seperti rumah atau kendaraan bermotor. Setlah itu, Anda akan menerima uang senilai aset yang dijaminkan.

Selain cepat dan mudah, kredit ini biasanya memiliki cicilan ringan dan bunga rendah. Melalui Cekaja.com Anda bisa membandingkan dengan mudah jenis kredit yang ditawarkan beberapa bank. Caranya, Anda hanya perlu mengisi formulis online dan memilih jenis kredit yang diinginkan. Situs ini akan membantu Anda membandingkan pinjaman uang online terbaik yang ada di Indonesia dan memudahkan proses pengajuannya. Jadi, tunggu apalagi, butuh pinjaman? Ingat Cekaja.com

 

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…