Ilustrasi Batang Smart City. (batangkab.go.id) Ilustrasi Batang Smart City. (batangkab.go.id)
Selasa, 1 Agustus 2017 02:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

RSUD Batang Buka Layanan Berbasis Elektronik

RSUD Batang kini membuka layanan medis berbasis elektronik.

Solopos.com, BATANG — Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) kini memberikan layanan medis berbasis elektronik. Cukup dengan mengirim pesan layanan singkat (short message service/SMS) atau memanfaatkan aplikasi RSUD Batang bagi pengguna smartphone berbasis Android, maka pasien yang hendak kontrol atau rawat jalan bisa mendaftarkan antrean.

Direktur RSUD Kabupaten Batang, Junaedi Wibawa di Batang, Senin (31/7/2017), mengatakan bahwa RSUD yang dipimpinnya kini mulai berbenah dalam hal pemberian layanan kesehatan kwpada masyarakat sehingga mereka bisa dengan mudah mendapat pelayanan kesehatan. “Ya memang sempat ada image masyarakat terhadap RSUD Batang kurang begitu puas terhadap pelayanan petugas medis. Oleh karena itu, kami ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Menurut dia, masyarakat yang ingin kontrol atau rawat jalan bisa mendaftar melalui pesan layanan singkat (SMS) maupun aplikasi RSUD Batang bagi pengguna smartphone berbasis Android yang bisa diunduh melalui Playstore. Pendaftaran melalui SMS maupun aplikasi tersebut, kata dia, bisa dilakukan oleh masyarakat selama 24 jam dengan maksud agar mereka yang ingin memeriksa kesehatannya di RSUD tidak menunggu antrean di tempat pendaftaran.

“Selain itu, masyarakat nantinya bisa langsung mendaftar untuk menuju ke poliklinik yang diinginkan sesuai dengan format pengiriman SMS pada operator. Meskipun nantinya sudah bisa dilakukan melalui SMS maupun aplikasi, untuk pendaftaran pasien rawat jalan masih tetap bisa dilakukan secara manual,” katanya.

Ia mengatakan bagi pasien lama bisa mendaftar langsung melalui sistem SMS dan juga aplikasi Android tersebut, tetapi untuk pasien baru harus menggunakan aplikasi Android karena nantinya diharuskan mengisi biodata pasien. “Yang jelas, kami akan memberikan banyak terobosan dalam melakukan pelayanan terbaik pada masyarakat. Kami mencoba lebih transparan terkait ketersediaan tempat tidur dan mempermudah pendaftaran pasien rawat jalan dengan SMS dan online,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

PT TUGU BETON SEMESTA ABADI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Subsidi Ruang Publik bagi PKL

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (28/7/2017). Esai ini karya Murtanti J.R., dosen di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah mjanirahayu@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Pada pertengahan Juli lalu Pemerintah Kota Solo…